Ini 5 Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari

Air lemon disebut sebagai minuman ajaib yang punya beragam manfaat.

Suara.Com
Vania Rossa | Dinda Rachmawati

Suara.com - Banyak orang meyakini minum air lemon bermanfaat untuk kesehatan. Para ahli nutrisi pun mengungkap cara paling tepat untuk mengonsumsinya, yakni dengan menggunakan setengah irisan lemon dan memasukkan semua bagiannya, termasuk kulitnya, ke air hangat.

Kulit lemon mengandung polifenol yang berharga, yang merupakan senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Menambahkan irisan lemon ke air hangat juga membantu mengekstraksi lebih banyak polifenol daripada air dingin.

Untuk mendapatkan manfaat lain dari air lemon, disarankan meminumnya setiap hari. Berikut daftar manfaat minum air lemon setiap hari, dilansir dari Fitness Engage.

1. Napas segar
Jika Anda muak mengunyah permen karet atau mengunyah permen mint setiap kali Anda harus berbicara dengan seseorang, air lemon bisa menjadi jawabannya. Ya, aroma lemon mampu menetralkan bau, baik yang ada di meja dapur atau di mulut Anda.

Minum air lemon setelah makan makanan dengan aroma menyengat, seperti bawang merah, bawang putih, ikan, atau jengkol, dapat menghilangkan aroma yang tersisa. Lemon juga bagus untuk merangsang produksi air liur, yang dengan sendirinya membersihkan mulut.

2. Membuat kulit awet muda
Ketika Anda minum air lemon setiap hari, Anda sudah memberikan hidrasi terbaik ke rutinitas perawatan kulit Anda. Kulit yang terhidrasi terlihat lebih halus dan kencang, mengurangi tampilan garis halus dan kerutan. Ketika Anda sepenuhnya terhidrasi, tubuh Anda juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengeluarkan racun melalui keringat.

Penambahan lemon ke dalam air meningkatkan asupan vitamin C, nutrisi pembangkit yang memainkan peran kuat dalam produksi kolagen dan elastin, unsur-unsur dalam kulit yang membuatnya kuat namun fleksibel. Beberapa studi menunjukkan bahwa diet tinggi vitamin C juga akan mengurangi kerutan, sesuatu yang semua orang inginkan.

3. Sama dengan mengonsumsi vitamin C
Vitamin C adalah antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas berbahaya sebelum merusak sel. Karena itu, pastikan Anda mendapatkan jumlah harian vitamin c yang disarankan, karena dapat menurunkan risiko stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular.

Dan karena tubuh kita tidak mensintesis vitamin C dari nutrisi lain, kita perlu mendapatkan tambahamnya dari makanan. Air lemon dapat membantu Anda mencapai tingkat vitamin C yang disarankan hingga 60 mg per hari.

4. Menstabilkan suasana hati
Aroma menyegarkan dari lemon dapat mengurangi stres dan membuat Anda merasa lebih tenang. Itu sebabnya minyak lemon adalah bahan umum dalam minyak aromaterapi.

Saat Anda minum air lemon, Anda akan mendapatkan penghilang stres yang sama plus dengan manfaat kalium dalam buah. Kalium sangat penting dalam pengaturan tekanan darah. Jika Anda minum air lemon yang hangat, Anda akan mendapatkan efek menenangkan tambahan.

5. Menghindari batu ginjal
Kebanyakan batu ginjal pada dasarnya adalah endapan kalsium, dan Anda dapat mengurangi risiko pembentukannya dengan mendapatkan lebih banyak asam sitrat dalam makanan Anda.

Lemon adalah buah jeruk yang mengandung banyak asam sitrat. Hanya setengah cangkir jus lemon, Anda bisa mendapatkan kandungan asam sitrat yang sama seperti obat yang diresepkan untuk batu ginjal. Menjaga kesehatan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi juga merupakan bagian penting dari kesehatan ginjal, sehingga air lemon setiap hari bisa menjadi langkah pencegahan yang sangat baik untuk batu ginjal.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini