4 Tips Persiapan Traveling Bagi Orang dengan Penyakit Tertentu

Butuh perhatian khusus untuk mencegah kekhawatiran yang terjadi saat traveling

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
4 Tips Persiapan Traveling Bagi Orang dengan Penyakit Tertentu
Ilustrasi sakit saat traveling [shutterstock]

Suara.com - 4 Tips Persiapan Traveling Bagi Orang dengan Penyakit Tertentu

Traveling merupakan aktivitas menyenangkan. Namun, traveling bisa kurang menyenangkan ketika tubuh sedang menderita penyakit tertentu.

Mungkin, seseroang dengan penyakit tertentu akan khawatir terhadap kondisi tubuhnya ketika sedang traveling. Seperti penderita hipertensi, kanker, jantung, epilepsi, diabetes, atau asma.

Nah, untuk mencegah kekhawatiran dan sesuatu yang tak diinginkan terjadi saat traveling, Berikut adalah langkah yang perlu dipersiapkan sebelum pergi traveling bagi traveler yang menderita penyakit tertentu yang dirangkum dari rilis Go Care, Rabu (6/2/2019).

Konsultasikan diri kedokter

Mengutip Medhalt, Jika Anda memiliki kondisi kesehatan atau mengidap penyakit serius tertentu, dan berniat untuk melakukan traveling, pastikan melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Konsultasi bisa dilakukan 6-8 hari sebelum melakukan traveling.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini Anda, apakah Anda boleh untuk melakukan bepergian jauh, serta penjelasan mengenai kondisi apa saja yang mungkin terjadi pada tubuh Anda saat traveling. Memang merupakan hal yang menakutkan bepergian jauh saat tengah dalam kondisi sakit, apalagi bila penyakit yang diderita tergolong berat. Namun, apabila dokter mengatakan bahwa kondisi Anda cukup aman dan stabil untuk melakukan traveling, tentu mereka tidak akan menahan Anda untuk pergi.

Pastikan membawa obat-obatan yang dibutuhkan

Saat mengalami kondisi kesehatan atau penyakit serius tertentu, sudah pasti Anda harus membawa sejumlah obat penting yang rutin dikonsumsi saat traveling. Bagi Anda yang memiliki kondisi khusus, seperti diabetes, hipertensi, epilepsi, dan penyakit jantung, obat-obatan tersebut harus dibawa saat bepergian jauh. Tempatkan obat-obatan penting tersebut ke dalam tas tangan yang mudah dijangkau oleh Anda dan bukan di dalam koper.

Konsultasikan dengan dokter berapa banyak obat yang perlu Anda bawa sampai hari traveling terakhir, serta berapa dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Tanyakan pula aturan terkait mengonsumsi obat-obatan saat traveling, terlebih apabila negara yang Anda tuju memiliki perbedaan waktu yang cukup jauh dengan Tanah Air.

Membawa dokumen medis dan informasi kesehatan

Bawalah dokumen medis dan informasi kesehatan yang penting selama traveling. Hal ini berfungsi sebagai salah satu kelengkapan informasi bila Anda sedang dalam kondisi gawat darurat. Dengan begitu, dokter atau anggota medis di tempat tersebut bisa mengetahui latar belakang kondisi kesehatan yang tengah Anda alami.

Selain dokumen yang berisikan informasi kesehatan, bawalah dokumen-dokumen penting lainnya. Dokumen-dokumen tersebut termasuk hasil tes kesehatan, resep obat, dan lain-lain. Buatlah beberapa salinan dari semua dokumen itu.

Jangan lupa membawa dokumen asuransi perjalanan

Penting pula untuk membawa kelengkapan informasi seputar asuransi perjalanan. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan kompensasi medis bila penyakit yang Anda derita sewaktu-waktu kambuh saat sedang traveling atau Anda dihadapkan pada kondisi darurat sehingga perlu dirawat inap.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini