Minggu, 17 Februari 2019

Wejangan Menkominfo Jelang Hari Pers Nasional

Apa wejangan Menkominfo jelang Hari Pers Nasional?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Tivan Rahmat
Wejangan Menkominfo Jelang Hari Pers Nasional
Wejangan Menkominfo jelang Hari Pers Nasional. (Dok Kominfo)

Suara.com - Wejangan Menkominfo Jelang Hari Pers Nasional .

Dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan kembali komitmen pemerintah untuk ikut bersama menjaga independensi pers nasional.

"Saya sebagai Menteri , selalu berdiri yang paling depan yang menjaga tidak ada keputusan turunan dari UU Pers Nomor 40 yang berupa peraturan pemerintah maupun peraturan menteri. Independensi pers kita jaga bersama-sama," ujar Rudiantara dalam Konvensi Media Massa di Surabaya, Jumat (8/2/2019).

Menurut Rudiantara, pers harus bisa beradaptasi dengan dinamika digitalisasi yang tidak bisa dihindari. Salah satu bentuk adaptasi yang perlu dilakukan berkaitan dengan perkembangan teknologi digital adalah mengubah proses bisnis.

Menurut Rudiantara, model bisnis lama dalam industri pemberitaan biasanya berpihak pada investor, atau pemilik media. "Simpan uang, dilihat siapa yang besar sahamnya paling besar dialah yang kendalikan perusahaan."

Sementara model bisnis baru yang sejalan dengan digitalisasi terdapat pergeseran atau perubahan. Menurut Menteri Kominfo model digital memisahkan antara kepemilikan dengan investasi.

"Investor masuknya memperkuat, sehingga founder share-nya jadi minoritas tetapi pengendalian masih ada di founder. Inevstor paling masuk jadi komisaris," terangnya.

Selain itu, pria yang akrab disapa Chief RA ini juga menegaskan bahwa teknologi jangan dijadikan penghambat untuk menulis sebuah berita yang akurat dan berdasarkan fakta.

"Jangan pusingkan dengan teknologi. Teknologi harus kita kuasai dan dimanfaatkan untuk bisnis kita. Core business pers adalah SDM dan konten. Kiita sebagai pemerintah tidak dalam posisi menghalangi perkembangan teknologi digital," tandas Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini