Lidah Buaya Dibuat Jus, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Apa saja manfaat lidah buaya yang di jus untuk tubuh?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami
Lidah Buaya Dibuat Jus, Ini Manfaatnya untuk Tubuh
Ilustrasi lidah buaya dibuat jus miliki manfaat untul tubuh. (Shutterstock)

Suara.com - Lidah Buaya Dibuat Jus, Ini Manfaatnya untuk Tubuh.

Manfaat lidah buaya biasa digunakan untuk rambut dan kulit. Namun tahukah kamu kalau manfaat lidah buaya juga baik untuk tubuh saat dibuat jadi jus.

Berikut berbagai manfaat jus lidah buaya yang bisa Anda dapatkan dilansir Hello Sehat

1. Mengatasi sembelit

Nyatanya, minuman yang satu ini sangat baik untuk membantu mengatasi sembelit. Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian berhasil menunjukkan bahwa jus lidah buaya mampu meningkatkan kadar air dalam usus.

Nah, jika kadar air meningkat, maka akan merangsang gerakan mendorong pada usus (peristaltik), sehingga Anda memiliki jadwal BAB yang teratur dan normal.

2. Menjaga kesehatan kulit

Lidah buaya termasuk tanaman yang kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas yang bisa membuat tampilan kulit menjadi lebih tua dan kusam. Selain itu, senyawa di dalam lidah buaya juga telah terbukti mampu menteralkan efek radiasi ultraviolet (UV).

Dengan begitu, jus lidah buaya membantu memperbaiki kulit dari kerusakan sinar UV dan mencegah garis-garis halus serta kerutan. Psst, lidah buaya ternyata juga membantu mengurangi peradangan pada kulit seperti jerawat atau psoriasis, lho.

3. Bantu atasi radang gusi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di Universitas Hasanuddin, Makassar, menemukan fakta bahwa obat kumur berbahan jus lidah buaya membantu mengurangi peradangan gusi. Khususnya, pasca perawatan untuk menghilangkan plak.

Dari hasil penelitian didapatkan simpulan bahwa para peserta yang menggunakan obat kumur dari jus lidah buaya cenderung mengalami radang gusi yang lebih ringan dibandingkan dengan yang tidak kumur dengan lidah buaya. Para peneliti menyatakan bahwa sifat antibakteri dan antimikrobalah yang berperan dalam hal ini.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Sebuah analisis yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics, menemukan bahwa jus lidah buaya bisa membantu mengendalikan kadar gula darah pada orang dengan prediabetes dan diabetes tipe 2.

Para ahli mengungkapkan bahwa ekstrak tanaman ini mampu menyerap gula yang baru saja dicerna di dalam tubuh. Untuk itu, Anda bisa minum jus lidah buaya sebagai perawatan alami tambahan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Lidah buaya mengandung enzim yang membantu proses pemecahan gula dan lemak agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Jika sistem pencernaan Anda lancar, semua nutrisi dari makanan bisa diserap dengan baik dan didapatkan manfaatnya.

Selain itu, jus lidah buaya juga membantu mengurangi iritasi pada lambung dan usus. Dikutip dari healthline, sebuah studi di 2013 menemukan bahwa jus lidah buaya mengurangi rasa sakit pada pengidap irritable bowel syndrome (IBS).

Meskipun terdapat banyak manfaat dari lidah buaya, penelitian-penelitian di atas masih terbatas, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui komponen dan dosis lidah buaya yang sesuai. Tetap konsultasikan ke dokter jika keluhan Anda tidak kunjung membaik.

Jadi manfaat lidah buaya bukan hanya untuk rambut dan kulit tapi juga baik untuk tubuh. 

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini