5 Biaya yang Nggak Boleh Mahal Walaupun Tiket Pesawat Melonjak

Apa saja yang tidak boleh mahal di tengah harga tiket pesawat melonjak?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Vessy Dwirika Frizona
5 Biaya yang Nggak Boleh Mahal Walaupun Tiket Pesawat Melonjak
Ilustrasi hal yang tidak boleh mahal di tengah harga tiket melonjak. (Shutterstock)

Suara.com - 5 Biaya yang Nggak Boleh Mahal Walaupun Tiket Pesawat Melonjak.

Melonjaknya harga tiket pesawat menjadi polemik baru di tengah masyarat. Para pelanggan transportasi udara mengeluh tentang mahalnya harga tiket.

Kendati begitu, para traveler berharap di tengah melonjaknya harga tiket, rencana liburan mereka tetap bisa berjalan lancar. Asalkan biaya-biaya lainnya tidak ikut naik. Sehingga mengakibatkan membengkaknya biaya liburan.

Merangkum dari Guideku, Senin (11/2/2019), ada beberapa biaya lain yang tidak boleh ikut naik di tengah melonjaknya harga tiket. Berikut 5 rangkumannya.

Biaya menginap

Kalau tidak naik, pengeluaran yang satu ini bisa meminimalisir biaya saat liburan. Cara menekan biaya menginap saat liburan bisa dilakukan dengan tidak selalu menginap di hotel mewah.

Misalnya, pilih penginapan khusus backpacker. Biasanya ada sharing room, jadi biayanya jauh lebih murah. Mau lebih murah lagi, sebelum berangkat, kamu janjian aja untuk menginap di rumah teman atau saudara di lokasi tujuan wisatamu.

Biaya beli oleh-oleh

Lalu Anda juga bisa menekan biaya untuk membeli oleh-oleh. Ada banyak cara sih, pertama beli souvenir khas yang murah saja.

Selain itu bisa juga dengan liburan diam-diam. Kalau tidak ada yang tahu, maka tak perlu keluar biaya membeli oleh-oleh. Atau yang paling manjur untuk menekan biaya ini, nggak usah beli oleh-oleh.

Biaya tiket masuk destinasi wisata

Sudah bayar tiket pesawat mahal-mahal, masak nggak mau mengunjungi tempat wisata? Cara mengakalinya adalah dengan memilih tempat wisata yang tiketnya murah, atau lebih baik lagi yang gratis.

Biaya makan

Harga tiket pesawat boleh saja mahal, dan kamu tetap bisa liburan dengan menekan biaya makan.

Cara menekan biaya makan saat liburan, misalnya saat liburan di Jogja, kamu bisa mencari tahu tempat makan murah di Jogja.

Biaya senang-senang

Jangan cemberut dengan tiket pesawat mahal! Kamu masih bisa senang-senang kok. Misalnya datang ke event-event wisata yang seru. Nonton mini konser yang murah, atau ikut menjadi relawan untuk menghibur dan mengedukasi anak-anak di daerah.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menekan biaya liburan di tengah melonjaknya harga tiket pesawat. Semoga bermanfaat. (Dany Garjito)

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini