Varian Sama, Rasa Soda di Botol Kaca Berbeda dengan di Botol Plastik

Apa yang membuat rasa soda berbeda?

Suara.Com
Vania Rossa
Varian Sama, Rasa Soda di Botol Kaca Berbeda dengan di Botol Plastik
Ilustrasi: Soft drink. (Shutterstock)

Suara.com - Bagi Anda pecinta soda, mungkin And menyadari adanya perbedaan rasa antara soda di dalam botol kaca dengan soda di botol plastik. Katanya, rasa soda yang di dalam botol kaca lebih nikmat dan semriwing dibanding soda di dalam botol plastik. Benarkah begitu?

Dilansir dari Reader's Digest, memang ada sedikit perbedaan rasa antara soda yang dikemas dalam botol kaca dan botol plastik. Dan hasil penelitian telah mengungkap alasan ilmiah di balik perbedaan rasa ini.

Dalam penelitian dikatakan bahwa sebenarnya perusahaan soda menggunakan resep yang sama untuk satu varian soda meski dikemas dengan cara berbeda. Mengenai perbedaan rasanya, hal ini disebabkan oleh kandungan soda atau karbondioksida pada minuman tersebut.

Plastik bersifat lebih permeabel terhadap C)2 atau karbondioksida dibandingkan kaca. Artinya, kandungan soda yang dikemas dalam botol plastik lebih mudah bocor keluar, meski kemasannya belum dibuka. Inilah yang membuat rasa soda di dalam botol plastik menjadi sedikit berbeda.

Selain itu, botol plastik juga memiliki lapisan asetaldehida yang dapat memberikan sedikit rasa plastik ke dalam minuman soda.

Soda di dalam botol kaca terasa lebih enak karena CO2 lebih sulit untuk merembes keluar botol. Dan ini juga menjadi salah satu alasan mengapa soda yang dikemas dalam botol kaca harganya lebih mahal, dan isinya lebih sedikit.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini