Fakta Menarik di Balik Heboh Unicorn, Ada Kafe Hingga Jadi Tren Rambut

Unicorn, jadi istilah baru yang belum akrab di telinga masyarakat.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Fakta Menarik di Balik Heboh Unicorn, Ada Kafe Hingga Jadi Tren Rambut
Kafe Unicorn [ig@rifkah_07]

Suara.com - Fakta Menarik di Balik Heboh Unicorn, Ada Kafe Hingga Jadi Tren Rambut.

Debat calon presiden (capres) yang digelar pada 17 Februari lalu mendatangkan istilah baru yang belum akrab di telinga banyak orang.

Tepatnya ketika capres Joko Widodo (Jokowi) bertanya kepada Prabowo Subianto soal jenis infrastruktur untuk membangun unicorn atau perusahaan rintisan bervaluasi di atas 1 miliar dolar AS di Indonesia.

Usai pertanyaan itu dilempar, Prabowo malah bertanya ulang tentang apa yang dimaksud unicorn. Prabowo memahami unicorn sebagai perusahaan berbasis online.

"Maksud bapak unicorn yang online-online itu?" tanya Prabowo di debat.

Ya, istilah unicorn memang terbilang baru. Hanya sebagian orang saja yang paham. Lantas, apa sih unicorn itu? Nah, untuk itu simak yuk fakta-fakta menarik soal unicorn.

Perusahaan startup

Memesan ojek menggunakan aplikasi Gojek. [dok. Gojek]
Memesan ojek menggunakan aplikasi Gojek. [dok. Gojek]

Menukil dari Wikipedia, unicorn adalah perusahaan startup swasta yang bervaluasi lebih dari 1 miliar dolar AS. Valuasi startup sendiri adalah nilai ekonomi dari bisnis yang dilakukan sebuah startup. Istilah ini diciptakan pada tahun 2013 oleh kapitalis ventura Aileen Lee, yang memilih nama hewan yang ada di mitos untuk mewakili kelangkaan statistik dari usaha yang sukses tersebut. Ada pun perusaan-perusaan unicorn di Indonesia adalah, Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.

Hewan nasional

ILUSTRASI Unicorn (Pixabay/rsteve254)
ILUSTRASI Unicorn (Pixabay/rsteve254)

Awalnya unicorn dianggap sebagai hewan mitologi yang jelas tidak nyata adanya. Namun rupanya Skotlandia sudah lama menggunakan unicorn sebagai hewan nasional mereka yang wujudnya seperti kuda.

Dikutip dari Guideku, Skotlandia dikenal sebagai negara yang mencintai kisah legenda dan mitos. Dalam mitologi Celtic sendiri, unicorn rupanya merupakan simbol kemurnian dan kepolosan, juga sifat maskulinitas dan kekuatan. Hal inilah yang menjadikan unicorn dianggap cocok sebagai hewan nasional karena warga Skotlandia menganggapnya sebagai simbol bahwa negara mereka tidak akan mudah dikalahkan.

Dongeng terkenal

Ilustrasi unicorn Siberia. (Wikimedia/ Heinrich Harder)
Ilustrasi unicorn Siberia. (Wikimedia/ Heinrich Harder)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam kisah dongeng unicorn adalah makhluk mitologi berupa kuda bertanduk. Dongeng unicorn bercerita tentang kisah petualangan. Cerita tentang petualangan yang awalnya takut dilakukan oleh orang-orang zaman dulu. Namun, beberapa orang yang berani melakukan petualangan berkisah tentang hewan-hewan aneh yang mereka temukan selama perjalanan.

Para petualang menyebut hewan itu dengan sebutan unicorn. Digambarkan berbadan seperti kuda, kaki belakangnya seperti antelop, ekornya menyerupai singa dan memiliki janggut seperti kambing. Selain itu ada yang menyebut unicorn berbulu putih, namun ada pula yang mengatakan campuran.

Selanjutnya chevron_right

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini