Viral Komik Gambarkan Tantangan Seorang Ibu Pekerja, Bikin Haru

Bagaimana cerita komik viral yang gambarkan ibu pekerja ini?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Dinda Rachmawati
Viral Komik Gambarkan Tantangan Seorang Ibu Pekerja, Bikin Haru
Ilustrasi kisah ibu pekerja dalam komik hadapi tantangan yang viral. (Shutterstock)

Suara.com - Viral Komik Gambarkan Tantangan Seorang Ibu Pekerja, Bikin Haru.

Meski kini banyak ibu pekerja yang memiliki posisi terbaik di tingkat profesional, tak dipungkiri bahwa di balik kesuksesan mereka, ada begitu banyak tantangan yang harus mereka hadapi, dibandingkan seorang ayah pekerja. 

Metafora sederhana ini diilustrasikan oleh kartunis Peru di La Republica, yang menggambarkan tantangan kompleks yang dihadapi oleh para ibu pekerja. 

Dalam gambarnya, kartunis tersebut menggambar para pelari yang terdiri dari ayah pekerja dan ibu pekerja, yang bersiap untuk melakukan start di jalurnya masing-masing. Berbeda dengan jalur lari ayah pekerja yang bersih tanpa tantangan, jalur lari ibu pekerja terlihat begitu penuh tantangan.

Tantangan yang digambarkan kartunis tersebut berupa beberapa pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci, memasak, menjemur pakaian hingga menyetrika.

Berkat tweet oleh miliarder yang berbasis di Mumbai, Anand Mahindra, ketua Grup Mahindra, gambar tersebut menjadi viral dan membuat orang-orang membicarakan tantangan di jalur ibu pekerja.

Mahindra memutuskan untuk memposting gambar tersebut setelah bersama dan melihat cucunya selama seminggu. 

"Saya salut kepada setiap perempuan pekerja dan mengakui bahwa keberhasilan mereka membutuhkan upaya yang jauh lebih besar daripada rekan-rekan lelaki mereka," katanya.

Mahindra benar bahwa ibu pekerja melakukan lebih banyak upaya dalam karier mereka dan mereka bahkan tidak dibayar lebih untuk upaya tersebut. 

Ketika lelaki menjadi seorang ayah, mereka sering mendapatkan kesempatan hingga membuat penghasilan mereka meningkat. Sementara banyak ibu pekrja justru melewatkan begitu banyak promosi dan kesempatan mereka.

Bahkan sekarang, pada tahun 2019, ibu dalam hubungan heteroseksual sering dipandang sebagai seorang orang tua gagal. Padahal mereka membawa beban mental yang lebih berat daripada seorang ayah pekerja.

Mereka bekerja lebih lama, baik di tingkat profesional maupum domestik dengan pekerjaan yang tidak dibayar, menghabiskan lebih banyak waktu untuk merawat anak dan memiliki lebih sedikit waktu untuk merawat diri sendiri. 

Bahkan, penelitian sebenarnya menemukan bahwa waktu luang lelaki justru meningkat setelah mereka menjadi orang tua, sementara beban kerja para ibu makin meningkat khususnya saat mereka di rumah.

Padahal sebenarnya, ini bukan hanya buruk untuk ibu, tetapi untuk suami mereka. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Family and Economic Issues, pernikahan akan menderita ketika perempuan merasa mereka mengorbankan karier mereka dan melakukan lebih, serta tidak mendapatkan bagian yang adil di dalam keluarga. 

"Para ibu dalam rumah tangga pencari nafkah ganda mengalami ketidaksetaraan pengasuhan yang lebih besar daripada para ayah yang memiliki posisi yang sama," catat para peneliti.

Ini akan melahirkan rasa kesal, dan juga dapat menciptakan situasi di mana ayah tidak merasa seperti orang tua yang setara atau mampu. Solusinya, menurut para ahli, sederhana, kita semua perlu membagi tanggung jawab rumah tangga secara lebih merata antar pasangan. Hanya dengan demikian semua terasa adil dan saling mengerti satu sama lain.

Ya, gambar kartun tersebut tidak menjadi viral karena lucu, tapi justru kebalikannya. Tetapi ini bisa diterima oleh banyak ibu. Berita baiknya adalah banyak ibu yang merasap dapat merobohkan rintangan itu.

Mereka tetap bisa mengasuh anak dan mendapatkan cuti yang dibayar untuk membantu mereka tetap melakukan pekerjaannya dengan baik. Menjadi ibu yang bekerja itu sulit, tetapi mereka pasti bisa melakukannya. Dan komik yang mengangkat cerita ini berhasil mengilustrasikannya dengan apik.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini