3 Tipe Traveler Berdasarkan Uang Saku yang Dihabiskan

Destinasi domestik favorit masyarakat Indonesia masih seputar Bali, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, serta Bandung

Suara.Com
Ade Indra Kusuma
3 Tipe Traveler Berdasarkan Uang Saku yang Dihabiskan
Ilustrasi liburan, piknik, traveling, jalan-jalan. (Shutterstock)

Suara.com - 3 Tipe Traveler Berdasarkan Uang Saku yang Dihabiskan.

ShopBack mencoba mengelompokan tipe-tipe traveler berdasarkan perilaku mereka memesan dan menghabiskan bujet yang disiapkan untuk kebutuhan traveling mereka. Pengelompokan ini berdasarkan durasi mereka memesan produk travel di platform online travel.

Nah 3 diantaranya sebagai berikut.

Traveler Spontan

Traveler tipe ini merupakan mereka yang memesan dan melakukan perjalanan kurang dari satu hari. Traveler  ini lebih memilih bertransaksi melalui aplikasi ponsel. Mereka kerap melakukan perjalanan bisnis atau mereka yang sangat membutuhkan liburan dengan waktu yang cepat.

Traveler Menit-Menit Terakhir

Mereka yang suka memesan online travel dalam kurun waktu seminggu sebelum waktu perjalanan, termasuk ke dalam kategori ini. Kelompok traveler ini menggunakan platform desktop dan aplikasi ponsel secara berimbang.

Traveler Terencana

Traveler terencana adalah mereka yang mempersiapkan, memesan akomodasi serta membeli tiket perjalanan lebih dari seminggu sebelum keberangkatan. Data ShopBack menunjukkan, 67% dari tipe ini melakukan perjalanan ke luar negeri dengan durasi perjalanan yang cukup panjang.

Yolanda Margaretha, Head of Business Development di ShopBack Indonesia mengatakan sektor penjualan online untuk produk travel memang semakin diminati masyarakat Indonesia.

“Berdasarkan data ShopBack, volume pemesanan online travel menunjukan pertumbuhan yang luar biasa di tahun 2018, dengan peningkatan hingga 260%. Hal ini pun menunjukkan semakin banyak pengguna yang membeli produk online travel di platform ShopBack,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Suara.com, Kamis {14/3/2019}.

Di antara tiga tipe traveler ini, traveler terencana menghabiskan 370 dolar AS atau sekitar Rp 5.280.000 lebih banyak ketimbang tipe traveler lainnya.

“Namun, hal ini tidak berlaku di Indonesia, dimana nilai rata-rata transaksi yang dilakukan ketiga tipe traveler ini cenderung berimbang, berkisar Rp 6.700.000 - Rp 6.900.000,” beber Yolanda.

Adapun destinasi domestik favorit masyarakat Indonesia adalah Bali, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, serta Bandung. Sedangkan untuk destinasi luar negeri masyarakat Indonesia senang traveling ke Singapura, India, Jepang, dan Malaysia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini