Lelaki Harus Tahu, Begini Cara Tepat Bersihkan Penis

Lokasi penis yang tertutup membuat virus dan bakteri lebih cepat berkembang biak.

Suara.Com
Vania Rossa | Firsta Nodia
Lelaki Harus Tahu, Begini Cara Tepat Bersihkan Penis
Ilustrasi penis. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Selain perempuan, kaum lelaki juga wajib membersihkan organ kemaluannya secara tepat. Pasalnya, lokasi penis yang tertutup membuat virus dan bakteri lebih cepat berkembang biak.

Disampaikan dr. Dian Pratiwi, SpKK, FINSDV, FAADV, dokter Klinik Pramudia, pada lelaki, hal terbaik untuk menjaga penis selalu bersih adalah dengan menjalani sirkumsisi atau sunat. Ternyata, kata dr. Dian, sunat tak hanya dilakukan dengan alasan agama, tapi juga kesehatan organ intim lelaki.

"Pada lelaki, poin pentingnya adalah sirkumsisi. Kalau melakukan sirkumsisi, seluruh batang penis terbuka, jadi jika pembersihan dilakukan sewajarnya sudah bisa untuk membersihkan semua area," ujar dr. Dian dalam temu media di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Sebaliknya, dr. Dian menambahkan, pada lelaki yang tidak disunat mengalami penumpukan smegma di bagian kulup penis. Hal ini membuat virus dan bakteri senang menempel di atasnya dan bereplikasi dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, agar pembersihan organ intim menjadi lebih mudah, lelaki diimbau untuk melakukan sirkumsisi.

"Buat yang belum disunat juga bisa membersihkan penis dengan cara membuka kulup. Kalau daya tahan tubuh baik, sebagian besar virus maupun bakteri akan hilang sendiri. Kalau imun buruk, maka kita harus curiga jangan-jangan bakteri bisa berkembang," tandasnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini