Ini Kesalahan yang Bikin Kue Jadi Bantat

Kue bantat memiliki tampilan yang kurang menarik dan tekstur yang keras.

Suara.Com
Vania Rossa | Firsta Nodia
Ini Kesalahan yang Bikin Kue Jadi Bantat
Ilustrasi membuat kue. (Shutterstock)

Suara.com - Ada banyak kegagalan yang mungkin saja terjadi saat membuat kue. Salah satunya hasil kue jadi bantat dan tidak mengembang sempurna.

Kue bantat, selain memiliki tampilan yang kurang sempurna, dari segi tekstur juga kurang lembut karena ada bagian kue yang keras di bagian dasarnya. Penulis buku resep berjudul 'Simple & Moist Cake', Kristin Yuliana Santosa atau yang akrab dipanggil Tintin Rayner, mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan kue menjadi bantat.

"Bisa karena terlalu banyak mengaduk, atau kurang ngaduknya. Bisa juga karena telur belum maksimal dimixer tapi sudah ditambah tepung. Hasilnya jadi bantat," ujar Tintin di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Tintin mengaku bahwa seharusnya telur diaduk hingga 10-13 menit sampai putih dan kental berjejak. Baru kemudian dimasukkan tepung. Selain teknik, hal lain yang harus diperhatikan agar kue tidak bantat adalah pemilihan tepung. Menurutnya untuk membuat kue, harus menggunakan tepung protein rendah.

Kristin Yuliana Santosa, penulis buku Simple & Moist Cake. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)
Kristin Yuliana Santosa, penulis buku Simple & Moist Cake. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)

"Cake paling baik terigu protein rendah. Itu maksimal untuk mendapat karakter lembut dan pori-pori kecil. Kalau tepung protein sedang atau tinggi, itu pori-porinya besar jadi keras," imbuh dia.

Kepiawaian Tintin dalam membuat kue dan roti ternyata tidak didapatnya dari sekolah khusus memasak. Tintin mengaku belajar secara otodidak dan membagikannya pada perempuan lain yang ingin bisa membuat kue lewat buku resep yang ditulisnya.

Semangat yang dimiliki Tintin dalam membagikan resep berbagai olahan kue ini sejalan dengan Bungasari melalui varian Bola Salju yang pada tahun ini mengusung kampanye #5hareGreatness. Disampaikan Sales & Marketing Director PT Bungasari Flour Mills Budianto Wijaya, wujud dari kampanye ini tak hanya sekadar berbagi melalui baking demo di acara Fun Kitchen di Mall Taman Angrek.

"Kami juga ingin berbagi pengolahan pangan yang baik dan benar lewat resep-resep para ahli sehingga dapat melahirkan `Tintin Rayner-Tintin Rayner` baru yang menginspirasi dan memajukan dunia olahan pangan," tandasnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini