HUT RI Ke-74, Ribuan Penyelam Bakal Pecahkan 3 Rekor Dunia di Laut Manado

Tiga rekor dunia yang akan dipecahkan di Laut Manado tak hanya mempromosikan pariwisata Indonesia.

Suara.Com
Ririn Indriani | Risna Halidi
HUT RI Ke-74, Ribuan Penyelam Bakal Pecahkan 3 Rekor Dunia di Laut Manado
Hamish Daud dan Ketua Umum WASI, Tri Tito Karnavian (tengah), saat konferensi pers Deep and Extreme Indonesia 2019 di JCC, Jakarta, Sabtu (6/4/2019), sekaligus mengumumkan agenda pemecahan 3 rekor dunia di laut Manado pada 3 Agustus mendatang untuk menyambut HUT RI ke-74. (Suara.com/Risna Halidi)

Suara.com - Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-74, ribuan penyelam akan memecahkan tiga rekor dunia sekaligus di perairan laut Manado, Sulawesi Utara.

Agenda pecah rekor tersebut disiapkan dan diselenggarakan oleh organisasi Wanita Selam Indonesia atau WASI, dan akan digelar 3 Agustus 2019 mendatang.

Rencananya, ada tiga rekor yang hendak dicatat oleh Guinness World Records. Pertama, rekor penyelaman massal terbanyak dengan target 3000 penyelam. Kedua, rekor rantai manusia terpanjang dalam air, serta rekor ketiga yaitu rekor pembentangan bendera terlebar di dunia.

Menurut Ketua Umum WASI, Tri Tito Karnavian, agenda besar ini dimaksudkan untuk ikut serta mempromosikan beberapa hal terkait laut seperti pariwisata, lingkungan hidup, kelestarian alam dan olahraga selam.

Hingga saat ini, jumlah penyelam yang sudah terdaftar untuk ikut serta dalam agenda pemecahan rekor dunia berjumlah sekitar 600 penyelam.

"Pendaftaran penyelam sudah dibuka sejak beberapa bulan lalu dan saat ini sudah terdaftar sebanyak 600 penyelam," kata Tri Tito saat menghadiri acara Deep and Extreme Indonesia 2019 di JCC, Jakarta, Sabtu (6/4/2019).

Selain upaya pemecahan rekor, WASI juga akan melakukan aksi bersih laut dan pantai Manado, serta ikut mensosialisasikan pembersihan laut Indonesia. Oleh karena itu, Tri juga memastikan jika lokasi tempat prmecahan rekor aman untuk diselam oleh ribuan orang dalam waktu yang sama.

"Pantai sangat aman, tidak ada karang. Karena memang itu daerah yang bersih hanya pasir saja. Sangat aman karena berbentuk teluk," pungkas Tri Tito Karnavian.

Itulah agenda akbar yang akan digelar WASI menyambut HUT RI ke-74, memecahkan tiga rekor dunia di Laut Manado, keren kan!

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini