Ini Manfaat Mendengarkan Musik Sambil Kerja

Beberapa orang suka mendengarkan musik sambil kerja, tapi ada juga yang merasa terganggu dengan musik. Anda termasuk yang mana?

Suara.Com
Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Ini Manfaat Mendengarkan Musik Sambil Kerja
Lelaki sedang mendengarkan musik sambil bekerja. [Shutterstock]

Suara.com - Suka mendengarkan musik sambil kerja? Ternyata, kebiasaan ini dapat membuat Anda merasa lebih termotivasi, lho.

Ya, menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Workthere, mendengarkan musik sambil kerja bisa membantu suasana hati menjadi lebih baik dan menghilangkan stres akibat pekerjaan Anda.

Dalam studi ini, Workthere menemukan bahwa dua pertiga pekerja kantor di Inggris berpikir bahwa mendengarkan musik sambil kerja adalah suatu keharusan.

Sebanyak 38 persen pekerja mengatakan bahwa mendengarkan musik juga meningkatkan produktivitas mereka dan 35 persen mengatakan bahwa musik membantu meningkatkan suasana mereka.

"Mendengarkan musik dikenal sebagai cara yang bagus untuk meningkatkan suasana hati seseorang," jelas Cal Lee, kepala Workthere, seperti dilansir dari laman Metro.

Lebih lanjut, kata Cal Lee, ada juga laporan yang mengungkapkan bagaimana musik sering digunakan dalam psikoterapi untuk membantu menghilangkan kecemasan dan stres, sehingga tidak mengherankan bahwa musik dalam lingkungan kerja memiliki dampak besar pada pola pikir dan produktivitas karyawan.

Menurut penelitian, 38 persen orang lebih suka mendengarkan musik pop di tempat kerja dan musik klasik adalah favorit kedua. Ini mengingat sebagian besar musik klasik bersifat instrumental dan tak ada lirik yang mengganggu.

Tetapi, tidak semua orang bisa mendengarkan musik sambil kerja. Bagi sebagian orang, mendengarkan musik bisa sangat mengganggu dan membuat tugas yang paling sederhana seperti menulis email, menjadi sulit karena konsentrasi dan fokus menjadi menurun.

Jika Anda malah menulis lirik lagu yang Anda dengarkan di laporan Anda atau ikut bernyanyi di dalam hati saat lagu diputar sehingga pekerjaan tidak tersentuh, Anda mungkin salah satu dari orang-orang yang membutuhkan keheningan agar otak Anda bekerja dengan baik. Ada banyak orang seperti ini. Nah, Anda termasuk yang mana?

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini