Dapat Kritik Negatif? 5 Cara Mangabaikan Agar Tetap Bahagia

Bagaimana mengabaikan kritik negatif dari orang lain agar bisa bahagia?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Vessy Dwirika Frizona
Dapat Kritik Negatif? 5 Cara Mangabaikan Agar Tetap Bahagia
Ilustrasi mengabaikan kritik negatif orang lain agar bahagia. [shutterstock]

Suara.com - Dapat Kritik Negatif? 5 Cara Mangabaikan Agar Tetap Bahagia.

Baik di media sosial dan di dunia nyata, selalu saja ada orang yang sok paling tahu tentang dirimu. Mereka melontarkan kritik sesukanya, tanpa mau mengenal lebih jauh dulu.

Kritik yang disampaikan secara konstruktif itu bagus untuk didengar, tapi kalau mereke mengkritik dengan kata-kata jahat, itu tidak perlu di dengar. Melansir dari Allwomrnstalk, Sabtu (13/4/2019), berikut 5 cara mengabaikan kritik negatif.

Kritik diri sendiri dulu

Sebelum tersinggung oleh kritik orang lain, periksa diri sendiri. Kenali kekurang dan kelebihan dirimu sendiri. Jadi saat ada orang yang mengkritik kamu tidak langsung tersinggung, tetapi lebih merasa diingatkan hal buruk yang ada pada diri kamu. Kami juga tidak akan mudah terpuruk karena kamu tau kekurangan dan kelebihanmu.

Lihat siapa yang mengkritik

Jangan mudah percaya dengan pendapat orang lain tentang dirimu. Kenyataannya orang-orang paling mengenalmu adalah keluarga dan teman dekat. Jadi, ketika orang-orang terdekat menyampaikan ktitik negatif kamu tidak mudah hancur, karena kamu percaya mereka tetap memberi dukungan di balik itu.

Anggap mereka sirik

Kritik negatif dengan kata-kata jahat biasanya terlo tar dari orang-orang yang iri dengan kehidupanmu. Sehingga mereka menggunakan kata-kata kejam untuk menjatuhkan.

Mereka nggak kenal kamu

Jangan mudah percaya dengan orang yang tidak mengenalmu. Ucapan mereka tidak bermanfaat.

Yakin kamu orang baik

Reaksi cepat terhadap kata-kata atau perbuatan yang menyakitkan biasanya berupa kemarahan dan membalas. Sayangnya, menggunakan amarah dan sakit hati untuk membalas mereka yang telah menyakiti hanya membuatmu turun ke level yang sama dengan mereka. Maka kamu harus menjadi orang yang lebih baik.

Buatlah pandangan positif agar hal-hal negatif tidak membebanimu saat dikritik orang lain. Boleh mengabaikan yang negatif agar terus percaya diri, bahagia dan mencintai diri sendiri tentunya. 

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini