Begini Cara Atasi Jerawat Berdasarkan Letaknya di Wajah

Beda letak jerawat, beda juga cara mengatasinya.

Suara.Com
Vania Rossa | Yasinta Rahmawati
Begini Cara Atasi Jerawat Berdasarkan Letaknya di Wajah
Ilustrasi jerawat di dagu. (Shutterstock)

Suara.com - Mengobati jerawat ternyata tak boleh asal, sebaiknya disesuaikan dengan letak jerawat itu tumbuh, apakah di dahi, pipi, atau dagu. Iya, karena beda letaknya, berbeda pula penanganan yang diperlukan untuk mengatasinya.

Dilansir dari Byrdie, Dan Hsu, seorang dokter NYC yang berspesialisasi ilmu kesehatan timur mengatakan bahwa kulit adalah ekspresi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jerawat bisa dijadikan alat untuk mendeteksinya.

Dia mengatakan pemetaan wajah atau face mapping adalah cara untuk melakukan verifikasi terhadap apa yang terjadi di dalam tubuh. Hal itu mengingat setiap bagian dari tubuh terkait dengan organ yang berbeda.

"Dalam pengobatan China, kita melihat tubuh secara keseluruhan dan bagaimana semuanya bekerja bersama," katanya.

Jadi, bagaimana sebenarnya ilmu face mapping ini dan hubungannya dengan mengatasi jerawat? Ini dia berbagai cara mengatasi jerawat berdasarkan lokasi tumbuhnya di wajah:

1. Di atas alis
Area di atas alis terhubung dengan kantong empedu dan hati. Jika kamu memiliki jerawat di sana, cobalah mengurangi lemak dan junk food.

2. Di antara alis
Bisa jadi jerawat ini disebabkan karena kamu terlalu banyak minum alkohol atau merokok dan begadang. Cobalah lebih banyak olahraga untuk bantu mengatasi jerawat.

3. Hidung
Hidung terhubung ke paru-paru dan jantung. Khusus mengatasi jerawat di daerah ini, Dan Hsu merekomendasikan untuk mengurangi makanan pedas, daging, dan garam serta menggantinya dengan buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

4. Pipi kiri
Pipi kiri terhubung dengan organ hati. Dan Hsu merekomendasikan makanan dingin seperti melon, mentimun, dan sejenisnya. Selain itu, menghindari pekerjaan berat untuk sementara waktu.

5. Pipi kanan
Dan Hsu mengatakan pipi sebelah kanan lebih terhubung ke paru-paru. Ia merekomendasikan untuk melakukan latihan aerobik dan pernapasan di pagi hari untuk memperkuat paru-paru. Selain itu, asupan gula perlu dikurangi.

6. Area mulut
Area di sekitar mulut berhubungan dengan organ pencernaan seperti usus dan hati. Direkomendasikan untuk mengurangi makanan pedas dan gorengan serta memperbanyak serat untuk mengatasi jerawat di mulut.

7. Dagu
Jerawat di area dagu erat hubungannya dengan hormon dan stres. Untuk itu sangat penting melakukan manajemen stres. Dan Hsu juga merekomendasikan untuk minum teh hijau dan mengonsumsi omega-3 seperti ikan salmon.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini