Manfaat Timun yang Jarang Diketahui, Atasi Sepatu Kotor hingga Bunyi Engsel

Salah satu manfaat ajaib timun yang paling populer, yakni menghilangkan selulit.

Suara.Com
Vika Widiastuti
Manfaat Timun yang Jarang Diketahui, Atasi Sepatu Kotor hingga Bunyi Engsel
Ilustrasi mentimun. (Shutterstock)

Suara.com - Mentimun atau timun merupakan sayuran yang menyimpan banyak manfaat. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, timun juga berguna untuk kecantikan

Selama ini timun telah digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu manfaat ajaib timun yang paling populer, yakni menghilangkan selulit.

Dilansir HiMedik dari vegetablefacts.net, timun memiliki zat phytochemical yang ampuh menyembunyikan kerutan, selulit dan membantu produksi kolagen dengan cara menggosoknya ke permukaan kulit.

Selain masalah kesehatan dan kecantikan, berikut ini 5 fungsi lain dari timun untuk menunjang penampilan.

1. Menghilangkan bau mulut

Bagi seseorang yang memiliki masalah dengan bau mulut bisa menggunakan timun untuk mengatasi persoalan ini agar tak malu.

Caranya, cukup mengambil satu iris timun dan letakkan di langit-langit mulut menggunakan lidah selama 30 detik. Metode menempelkan timun di langit-langit mulut itulah dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Ilustrasi timun (pixabay/stevepb)
Timun tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan, tetapi juga membantu mempermudah pekerjaan sehari-hari (pixabay/stevepb)

2. Menghapus tulisan

Sejauh ini orang selalu mengandalkan penghapus atau kertas label untuk menghapus tulisan yang salah. Lantas jika penghapus ketinggalan atau hilang pasti akan kebingungan.

Padahal kita bisa menghapus tulisan kita menggunakan kulit luar timun. Bahkan kulit luar timun ini juga bisa menghapus noda atau coretan pensil di dinding.

3. Pembersih kaca

Timun juga dipercaya mampu membuat tampilan kaca rias lebih mengkilat dan tidak berkabut ketika ada uap panas dari kamar mandi.

Caranya, cukup menggosokkan timun ke seluruh sudut kaca, maka kaca tidak akan berembun karena pengaruh uap panas di kamar mandi.

4. Memoles sepatu

Jangan menyerah ketika sepatu kotor karena noda yang menempel sulit hilang. Kita bisa memanfaatkan air timun untuk membersihkan sepatu agar mengkilap seperti masih baru.

Kita bisa mendapatkan sepatu kotor terlihat seperti baru lagi hanya dengan menggosokkan air timun ini selama beberapa detik.

5. Mengatasi engsel berderit

Hampir semua orang pasti pernah menemui masalah engsel pintu di rumah berderit atau bersuara. Suara derit engsel tersebut pun pasti akan memberikan ketidaknyamanan di telinga.

Karena itu, kita bisa menggosokkan timun ini di bagian sumber suara agar tak mengganggu telinga. (Suara.com/Shevinna Putti Anggraeni)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini