Mengeringkan Rambut Pakai Handuk Ternyata Tidak Disarankan

Ada yang suka melakukannya di rumah?

Suara.Com
Vania Rossa | Firsta Nodia
Mengeringkan Rambut Pakai Handuk Ternyata Tidak Disarankan
Ilustrasi mengeringkan rambut pakai handuk. (Shutterstock)

Suara.com - Mengeringkan Rambut Pakai Handuk Ternyata Tidak Disarankan

Untuk mengeringkan rambut, banyak perempuan yang memilih menggunakan teknik alami seperti membungkus rambut dan menggosoknya dengan handuk, atau kalau mau lebih cepat, pakai alat pengering rambut seperti hair dryer atau catok.

Tapi tahukah Anda bahwa mengeringkan rambut pakai handuk ternyata tidak disarankan, karena dapat membuat rambut menjadi rusak? Hal ini disampaikan dr. Gloria Novelita SpKK, Dokter Kulit dari Skin&Co Skincare Laser Clinic.

Ia menjelaskan, ikatan rambut saat basah cenderung terbuka. Di dalamnya berisi keratin atau protein rambut yang mengatur kekuatan rambut. Ketika ikatan rambut ini terbuka, korteks dan keratin di dalamnya menjadi terpapar dan mudah rusak.

"Sehingga disarankan dengan handuk dibiarkan saja hingga airnya menyerap. Tidak perlu ada gosokan," ujar dr. Gloria dalam temu media di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Nah, jika Anda ingin menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut, dr. Gloria menyarankan agar rambut dibungkus saja dengan handuk lembut. Hal ini akan membantu proses pengeringan sebanyak 50 persen.

"Semua tergantung rambutnya apakah tebal, tipis, panjang, pendek, ikal, atau lurus. Kalau ikal, biasanya lebih lama untuk keringnya," imbuhnya.

Selain itu Gloria mengingatkan agar segera menyisir rambut dalam kondisi setengah kering. Alasannya, rambut yang tidak disisir cenderung akan membentuk tampilan mekar ketika kering.

"Kalau sudah setengah kering harus disisir, dirapikan, ketika kering jadi bagus, sama seperti kita lakukan blow di salon, dengan sisir dibantu dikeringkan dan dibentuk, sehingga setelah proses rambutnya tetap sesuai bentuk blow tersebut," tandas dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini