Kolaborasi IKA, Grab, dan Komnas Perempuan untuk Cegah Kekerasan Seksual

Penting bagi perusahaan transportasi online untuk juga memberikan rasa aman bagi pengguna perempuan.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Vessy Dwirika Frizona
Kolaborasi IKA, Grab, dan Komnas Perempuan untuk Cegah Kekerasan Seksual
Grab kolaborasi dengan Komnas Perempuan dan IKA demi mencegah kekerasan seksual terhadap penumpang perempuan. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Suara.com - Kolaborasi IKA, Grab, dan Komnas Perempuan untuk Cegah Kekerasan Seksual

Kehadiran layanan transportasi umum tidak dapat dipisahkan dari aktivitas perempuan Indonesia. Sebagian besar perempuan pekerja rutin menggunakan transportasi umum, tak terkecuali transportasi online. Hal ini karena transportasi online dirasa terjangkau sekaligus menawarkan kemudahan.

Maka penting bagi perusahaan aplikasi transportasi online untuk juga memberikan rasa aman bagi penggunanya. Dengan memberikan rasa aman, para penumpang khususnya perempuan akan lebih percaya dan nyaman menggunakan layanan transportasi online yang saat ini telah menjadi salah satu moda transportasi populer di Indonsia.

Hal ini penting mengingat Komnas Perempuan mencatat jumlah laporan kekerasan terhadap perempuan yang selalu naik setiap tahunnya.

Itulah sebabnya, Indonesia untuk Kemanusiaan (IKA), Komnas Perempuan, dan Grab Indonesia berkolaborasi mencegah tindak kekerasan seksual terhadap perempuan di Indonesia. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganann perjajian kerja sama antara Grab Indonesia, IKA, dan Komnas Perempuan berbagai upaya pencegahan kekerasan seksual terhadap perempuan Indonesia.

Kerjasama ini dilakukan dengan mengajak semua lapisan masyarakat khususnya pengguna Grab Indonesia untuk berdonasi melalui poin GrabReward. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk mendukung penanganan perempuan korban kekerasan di Indonesia.

Grab kolaborasi dengan Komnas Perempuan dan IKA demi mencegah kekerasan seksual terhadap penumpang perempuan. (Suara.com/Vessy Frizona)
Grab kolaborasi dengan Komnas Perempuan dan IKA demi mencegah kekerasan seksual terhadap penumpang perempuan. (Suara.com/Vessy Dwirika Frizona)

Direktur IKA, Anik Wusari menyatakan sangat mendukung perusahaan transportasi online berkomitmen dalam mencegah kekerasan seksual di jalanan.

"Ini merupakan upaya yang sangat baik dilakukan perusahaan untuk bersama-sama melakukan stop kekerasan seksual terhdap perempuan," ujar Anik saat ditemui Suara.com, Rabu (24/4/2019).

Di tempat yang sama, Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, menjelaskan tentang Grab yang akan terus mendukung upaya keamanan dan keselamatan perempuan.

Komnas Perempuan mencatat bahwa selama ini banyak perempuan mendapatkan kekerasan di rumah hingga di tempat kerja. Maka, dengan memberikan rasa aman di jalanan berarti sudah berkontribusi bagi keamanan perempuan.

"Kami mendukung para perempuan Indonesia untuk mengambil peran di masyarakat dengan membangun platform transportasi yang aman dan nyaman dengan fitur-fitur keselamatan yang terus kami kembangkan," ungkap Neneng.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini