Cara Jabat Tangan Menggambarkan Kepribadian Seseorang, Penasaran?

Pernah memperhatikan cara jabat tangan orang lain?

Suara.Com
Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini
Cara Jabat Tangan Menggambarkan Kepribadian Seseorang, Penasaran?
Ilustrasi berjabat tangan. (Shutterstock)

Suara.com - Jabat tangan atau salaman umum dilakukan saat bertemu orang untuk pertama kalinya. Walau terkesan sepele, siapa sangka cara jabat tangan bisa digunakan untuk membaca kepribadian seseorang?

Dilansir dari ABC News, jabat tangan ternyata bisa mengungkap kepribadian seseorang. Profesor psikologi bernama William Chaplin yang pernah melakukan penelitian tentang hal ini mengatakan jabat tangan bisa digunakan untuk membaca tanda bahasa tubuh yang sederhana namun sangat informatif.

''Setelah menjabat tangan seseorang, saya cukup sering mempunyai kesan yang berbeda tentang mereka bahkan sebelum memiliki kesempatan untuk mengenal mereka,'' ujarnya.

Berikut hasil penelitian William Chaplin.

Jabat tangan dengan cubitan

Jika Anda berjabat tangan dengan seseorang dan orang tersebut memberikan semacam penekanan berupa cubitan, maka itu tandanya dia orang yang tegas. Ciri utamanya, jika berjabat tangan dengan orang ini, kadang tangan kita terasa berdenyut.

Ilustrasi lelaki sedang berjabat tangan (Shutterstock).
Ilustrasi lelaki sedang berjabat tangan (Shutterstock).

Jabat tangan lemah

Salaman dengan orang dengan jari yang lemah dan tak bertenaga menandakan jika orang itu mudah tunduk dengan orang lain. Jabat tangan lemah juga sering diartikan dengan orang yang cuek, kurang peka dan menghindari komitmen. Namun di beberapa negara, jabat tangan dengan cara ini adalah simbol sopan santun.

Jabat tangan arah ke atas

Jabat tangan jenis ini yang paling sering kita temui. Jika bersalaman dengan cara sepeti ini, artinya orang tersebut pemalu dan kurang percaya diri. Cara jabat tangan ini juga sering menunjukkan sikap kurang percaya diri dan mudah dikuasai.

Ilustrasi berjabat tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi berjabat tangan. (Shutterstock)

Jabat tangan arah ke bawah

Kebalikan jabat tangan di atas, gaya ini sering diartikan dengan sikap dominan dan agresif. Anda juga sering dinilai jadi tipe pegulat yang cenderung membalikkan lawan. Mudahnya, cara bersalaman ini sering dipakai untuk menyampaikan peran dalam situasi kompetitif.

Jabat tangan dengan dua tangan

Bertolak belakang dengan cara jabat tangan orang kompetitif, salaman dengan dua tangan mengartikan sikap yang terbuka dan bisa diajak berdiskusi. Jabat tangan dengan dua tangan juga menunjukkan kepribadian yang dapat menerima pendapat orang lain.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini