Kedelai Bisa Jadi Kunci Puasa Lancar, Ini 4 Manfaatnya

Kunci puasa lancar, coba konsumsi kedelai dengan dapatkan manfaat ini.

Suara.Com
Silfa Humairah Utami
Kedelai Bisa Jadi Kunci Puasa Lancar, Ini 4 Manfaatnya
Ilustrasi kedelai baik dikonsumsi untuk jalankan puasa. (Shutterstock)

Suara.com - Kedelai Bisa Jadi Kunci Puasa Lancar, Ini 4 Manfaatnya.

Memilih makanan yang tepat saat sahur dan berbuka sangat penting saat menjalanan ibadah puasa.

Agar ibadah puasa senantiasa lancar dan bermakna, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang terbaik. Karenanya, pilihan makanan ketika buka dan sahur harus diperhatikan.

Salah satu pilihan makanan yang dapat menunjang puasa Anda yaitu kacang kedelai. Kacang bernama latin Glycine max ini adalah salah satu bahan pangan dengan kandungan nutrisi terlengkap.

Makan kacang kedelai di bulan puasa secara rutin akan memberikan Anda sejumlah manfaat berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Berikut manfaatnya dilansir Hello Sehat:

1. Sumber energi bagi tubuh

Seratus gram kacang kedelai rebus mengandung 189 kkal energi. Energi ini berasal dari 20 gram protein, 8 gram lemak, dan 13 gram karbohidrat. Tubuh Anda membutuhkan ketiga nutrisi penting tersebut untuk membentuk energi dan cadangannya selama berpuasa.

Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan makan olahan kacang kedelai di bulan puasa. Baik itu untuk sahur ataupun berbuka puasa secara rutin. Olahan kacang kedelai yang bisa menjadi pilihan di antaranya tahu, tempe, atau snack kedelai.

2. Sumber protein dan cadangan energi

Ketika Anda berpuasa, tubuh tidak akan mendapatkan asupan karbohidrat sepanjang hari sampai tiba saatnya berbuka puasa. Setelah karbohidrat habis, tubuh menggunakan cadangan energi dari lemak untuk membentuk glukosa. Lambat laun, cadangan lemak juga akan habis sehingga tubuh menggunakan protein dari otot untuk membentuk energi.

Jika Anda tidak punya asupan protein yang cukup, tubuh pun akan kesulitan untuk mendapatkan sumber energi. Anda bisa jadi merasa lemas tidak bertenaga.

Makan kedelai di bulan puasa bermanfaat untuk mencegah dampak tersebut. Kandungan proteinnya yang tinggi akan membantu menyediakan sumber energi cadangan saat karbohidrat sudah habis. Selain itu, protein dalam kedelai juga akan membantu menjaga massa otot selama bulan puasa.

3. Melancarkan pencernaan

Kurangnya asupan air selama berpuasa dapat menyebabkan sembelit bagi sebagian orang. Terutama jika pola makan tidak diimbangi dengan konsumsi makanan kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh.

Kacang kedelai mengandung cukup serat yang terdiri dari serat larut dan tak larut. Asupan serat yang Anda peroleh dari makan kacang kedelai akan difermentasi oleh bakteri baik pada usus sehingga memberikan manfaat berupa pencernaan yang lancar selama bulan puasa.

4. Menjaga agar kenyang lebih lama

Sebuah studi dalam Journal of Nutrition tahun 2015 mengamati efek kedelai terhadap rasa kenyang dan selera makan pada orang-orang muda. Hasilnya, peserta penelitian yang makan snack kedelai berprotein kenyang lebih lama daripada mereka yang tidak makan snack kedelai berprotein.

Ini karena kedelai mengandung protein yang akan diserap dalam waktu lebih lama oleh tubuh manusia. Maka itu, perut tidak akan cepat lapar lagi setelah Anda menyantap sahur dengan kedelai. Puasa seharian pun jadi terasa lebih mudah.

Siapkan kedelai untuk makanan pembuka saat buka puasa dan sahur untuk kunci puasa lancar. Rutin makan kedelai di bulan puasa bisa membantu agar tubuh tetap sehat dan ibadah puasa senantiasa berenergi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini