Tips Belanja Lebaran, Manfaatkan THR dengan Atur Uang Ala Raditya Dika Yuk

Apa tips atur uang belanja ala Raditya Dika untuk manfaatkan THR tepat sasaran?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami
Tips Belanja Lebaran, Manfaatkan THR dengan Atur Uang Ala Raditya Dika Yuk
Tips Belanja Hemat Jelang Lebaran. ( Shutterstock )

Suara.com - Tips Belanja Lebaran, Manfaatkan THR dengan Atur Uang Ala Raditya Dika Yuk.  

Jelang Lebaran, belanja pakaian, kue dan sandang pangan lainnya penjadi tradisi yang sering kali membuat kantong bolong karena boros. 

Untuk mencegah uang THR (Tunjangan Hari Raya) habis sia-sia karena boros belanja Lebaran, yuk ikuti tips mengatur uang belanja yang dirangkum Suara.com dari channel Youtube Raditya Dika:

Beli barang untuk diri sendiri

Kebiasaan orang membeli barang untuk memberikan kesan untuk orang lain, Yakni mencari perhatian dari orang lain untuk mendapatkan pujian dan respect. Ini yang membuat orang jadi boros karena membeli sesuatu bukan karena keinginan diri sendiri tapi untuk orang lain.

2. Atur uang masuk dan keluar

Perhatikan masukan financial dan berapa pengeluaran, sehingga penting untuk mengatur uang masuk harus lebih banyak daripada pengeluaran saat belanja. Khususnya untuk Lebaran seperti yang sering kali membuat orang-orang tidak terkontrol belanja, tidak sesuai masukannya.

3. Hindari belanja dengan kartu kredit

Untuk menghindari belanja berlebihan dan kesadaran akan bentuk atau fisik yang Anda keluarkan, maka bayar belanjaan dengan uang tunai.

4. Beli barang perhatikan manfaatnya untuk jangka panjang

Sering kali orang-orang belanja dengan jumlah banyak dan berlebihan tanpa menyadari manfaat jangka panjangnya. Jadi daripada beli barang murah tapi tidak memiliki manfaat jangka panjang sebaiknya dipikirkan kembali. 

5. Belanja sendirian

Mungkin sepele tapi cukup penting karena kebanyakan kita membeli barang karena hasutan atau pendapat orang lain. Jadi jika ingin membeli pakaian atau makanan untuk persiapan Lebaran, catat kebutuhan dan belanja sendirian.

Semoga bermanfaat mengatur uang belanja ala Raditya Dika, sehingga manfaatkan THR tidak boros saat belanja Lebaran. Selamat mencoba. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini