Megahnya Kazan Kremlin, Kompleks Kuno Saksi Bisu Peradaban Rusia

Kompleks megah, pencatat sejarah.

Suara.Com
Angga Roni Priambodo | Aditya Prasanda
(Wikimedia Commons Gontzal86)
(Wikimedia Commons Gontzal86)

Suara.com - Membentang di tepi sungai Volga, Rusia, kota Kazan berdiri melawan zaman. Salah satu kota tertua yang dimiliki Rusia ini menyimpan berbagai destinasi wisata menakjubkan.

Di kota Kazan, dapat kita temukan bermacam peninggalan sejarah berusia ribuan tahun. Satu di antaranya, Kazan Kremlin, kompleks arsitektur, sejarah dan arkeologi yang dibangun pada masa pemerintahan Ivan The Terrible.

Di kompleks ini, terdapat bangunan tertua di Kremlin, Katedral Annunciation. Gereja ini merupakan satu-satunya gereja di Rusia yang memiliki enam dermaga dan lima apses.

Layaknya mayoritas bangunan tua di Kazan, Katedral Annunciation dibangun dari batu pasir pucat yang hanya diproduksi di Kazan, dan tak menggunakan batu bata sama sekali.

Selain Katedral Annunciation, para wisatawan juga dapat menikmati keindahan arsitektur menara miring, Söyembikä yang berada dalam kompleks terpadu Kazan Kremlin.

Di Kazan Kremlin pula kita dapat melihat Masjid Kul Sharif, masjid utama Republik Tatarstan dan Kazan.

Masjid ini dahulunya merupakan pusat keagamaan dan pengembangan ilmu pengetahuan di wilayah Volga Tengah selama abad XVI.

Sempat dihancurkan pada bulan Oktober 1552 oleh pasukan Ivan The Terrible, Masjid Kul Sharif akhirnya dipugar sejak tahun 1996, hingga diresmikan kembali pada tahun 2005.

Komentar

Foto Lainnya

Terkini