5 Museum Ini Tiketnya Cuma Rp 5 Ribu, Ajak Anak Liburan Sekolah ke Sini Yuk

Liburan sekolah, ini 5 museum dengan biaya masuknya cuma Rp 5.000.

Suara.Com
Silfa Humairah Utami
5 Museum Ini Tiketnya Cuma Rp 5 Ribu, Ajak Anak Liburan Sekolah ke Sini Yuk
Artefak di Museum Kota China. (Suara.com/Silfa Humairah)

Suara.com - 4 Museum Ini Tiketnya Cuma Rp 5 Ribu, Ajak Anak Liburan Sekolah ke Sini Yuk.

Liburan anak sekolah, para orang tua pun mulai membuat rencana membagi waktu bekerja dan mengajak anak liburan. 

Baru usai mudik Lebaran, keuangan belum stabil tapi harus ajak anak liburan lagi. Jangan panik moms, Suara.com rangkum dari wikipedia, ini destinasi museum mengedukasi anak untuk mengenal sejarah yang biaya masuknya di bawah Rp 5.000 an:

1.Museum Nasional, Jakarta

Berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Museum Nasional juga disebut Museum Gajah yang menyimpan koleksi benda-benda prasejarah.

Di museum yang berada di sebelah barat Monumen Nasional (Monas) ini, kamu dapat melihat peninggalan-peninggalan pada masa penjajahan, seperti arkeologi, keramik, numismtik-heraldik, sejarah, etnografi, dan geografi.

Untuk dapat memasuki museum, pengunjung hanya mengeluarkan uang Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Catatan di website Museum Nasional Republik Indonesia pada tahun 2001 menunjukkan bahwa koleksi telah mencapai 109.342 buah. Jumlah koleksi itulah yang membuat museum ini dikenal sebagai yang terlengkap di Indonesia. Pada tahun 2006 jumlah koleksi museum sudah melebihi 140.000 buah, meskipun hanya sepertiganya yang dapat diperlihatkan kepada khalayak.

2. Tugu Pahlawan, Surabaya

Tugu Pahlawan, salah satu landmark Surabaya, tempat berlangsungnya peperangan 10 November 1945 [Shutterstock].
Tugu Pahlawan, salah satu landmark Surabaya, tempat berlangsungnya peperangan 10 November 1945 [Shutterstock].

Monumen ikonik ini sayang untuk dilewatkan. Dibangun untuk merawat ingatan atas perjuangan arek-arek Suroboyo pada 10 November 1945 lampau, monumen setinggi 41,15 meter ini juga fotogenik.

Masuk ke kawasan Tugu Pahlawan tidak dipungut biaya. Namun, jika kamu ingin masuk ke Museum Perjuangan Sepuluh Nopember yang berada di bawah tugu, tiketnya Rp 2.000 saja. Museum ini berisi foto-foto perebutan kekuasaan dari pemerintah Belanda.

3. Museum Manusia Purba Sangiran, Jawa Tengah

Museum Manusia Purba Sangiran ini memiliki informasi lengkap tentang pola kehidupan manusia purba di Jawa yang menyumbang perkembangan ilmu pengetahuan seperti Antropologi, Arkeologi, Geologi, Paleoanthropologi.

Di lokasi situs Sangiran ini pula, untuk pertama kalinya ditemukan fosil rahang bawah Pithecanthropus erectus (salah satu spesies dalam taxon Homo erectus) oleh arkeolog Jerman, Profesor Von Koenigswald.

Tak perlu bayar mahal untuk tiket masuk Sangiran bila ingin melihat aneka koleksi Museum Manusia Purba Sangiran ini, cukup membayar tiket masuk Rp 5.000 per orang, aneka koleksi yang mengambarkan penemuan manusia purba dan perjalanan hidup Homo erectus bisa dilihat pengunjung secara langsung.

4. Taman Sari, Jogjakarta

5 Museum Ini Tiketnya Cuma Rp 5 Ribu, Ajak Anak Liburan Sekolah ke Sini Yuk - 2
Taman Sari. (Shutterstock)

Taman Sari menjadi destinasi backpacker murah kalau menjelajah Jogjakarta. cuma Rp 5.000, kamu sudah bisa masuk ke dalam bangunan bersejarah ini.

Tempat nan istagramable ini merupakan peninggalan dari Sultan Hamengku Buwono I yang dibangun pada tahun 1758-1765. Sekarang tempat ini menjadi salah satu spot wisata yang banyak dicari turis juga.

Bangunan dengan arsitektur lawas yang megah ini terletak di Jl Tamanan, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Museum Kota China, Medan

Artefak di Museum Kota China. (Suara.com/Silfa Humairah)
Artefak di Museum Kota China. (Suara.com/Silfa Humairah)

Satu diantara eksotis wisata di Kota Medan, terdapat wisata sejarah di Museum Situs Kota China, Bangunan Museum Kota China adalah spot kece dengan bangunan museum bentuk kapal.

Bentuk kapal pada bangunan museum merupakan bagian dari mengenalkan sejarah, bahwa tempat ini dulunya merupakan pelabuhan tempat kapal dari mancanegara datang dan melakukan jual beli antar negara di kelautan Belawan.

Spot ini ada di Jalan Kota Cina, Paya Pasir, Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara.Tarif masuknya hanya Rp 8000 untuk dewasa, Rp 5000 untuk mahasiswa, Rp 4000 untuk pelajar SMP dan SMA, serta Rp 2000 untuk anak SD.

Di sana pengunjung bisa melihat benda-benda yang berasal dari abad XI-XIV Masehi, berupa keramik-keramik China dari jaman Dinasti Song hungga Dinasti Yuan.

Jadi nggak perlu menguras kantong ajak anak liburan sekolah, tempat kece ini cukup memikat dan murah serta mengedukasi anak tentang sejarah. Keren kan. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini