Berlibur ke Lombok, Menyantap 4 Kuliner Legendaris Khas Pulau Seribu Masjid

Lezat nan melegenda.

Suara.Com
Angga Roni Priambodo | Aditya Prasanda
Berlibur ke Lombok, Menyantap 4 Kuliner Legendaris Khas Pulau Seribu Masjid
(Instagram We Love Food)

Suara.com - Menghabiskan liburan di Lombok, tak lengkap rasanya jika belum menikmati deretan kuliner legendaris khas Pulau Seribu Masjid.

Empat di antaranya dihimpun Suara.com di sini. Apa saja?

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

Aroma sate nan gurih merekah, di hadapan, seporsi Sate Rembiga Ibu Sinnaseh dengan baluran kuah kacangnya yang kering dan terbakar begitu menggoda.

Seporsi sate khas Lombok ini dijajakan di atas piring beralaskan kertas minyak. Di atasnya, 10 tusuk sate sapi dengan baluran bumbu medok berwarna cokelat kemerahan begitu menyala, bak menantang siapa saja yang hendak menyantapnya.

Cita rasa pedasnya nan cukup kuat, berkelindan dengan rasa manis dan gurih yang mudah kita rasakan sejak gigitan pertama.

Daging sapinya nan empuk, begitu sempurna dengan balutan bumbu rempah berbahan cabe merah, kemiri, gula dan terasi khas Lombok.

Sajian istimewa ini kian lengkap disantap bersama lontong kerucut yang memadatkan sesi makanmu.

(Instagram Sate Rembiga Ibu Sinnaseh)
(Instagram Sate Rembiga Ibu Sinnaseh)

Berdiri sejak tahun 1988, Sate Rembiga Ibu Sinnaseh dapat ditemukan di Jl. Dr. Wahidin No.11B, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram.

Seporsinya dibanderol dengan harga berkisar Rp 20 ribu.

(Instagram Sate Rembiga Ibu Sinnaseh)
(Instagram Sate Rembiga Ibu Sinnaseh)

Selain sate rembiga, gerai Ibu Sinnaseh juga menjajakan bermacam varian kuliner khas Lombok lainnya macam bebalung, pepes telengis, plecing, hingga sate pusut berbahan dasar ikan.

Ayam rarang di Rumah Makan Rarang

Bertandang ke Lombok, tak lengkap rasanya jika belum menikmati pedasnya sajian ayam rarang.

Olahan kuliner dengan lumuran cabai rawit dan cabai keriting ini memang terkenal dengan cita rasa pedasnya yang menggugah.

Kuliner legendaris Lombok ini kali pertama diperkenalkan masyarakat Desa Rarang di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Melihat penampakannya, sekilas mudah kita mengira ayam rarang serupa dengan ayam taliwang. Namun yang membedakan keduanya, ayam rarang disajikan dengan kuah yang lebih banyak.

Selain itu, salah satu bumbu yang membuat ayam rarang memiliki cita rasa yang khas yakni sebiye gero atau cabai kering yang juga berfungsi sebagai pengawet alami.

Selain sebiye gero, ayam rarang juga diolah dengan kelindan terasi, cabai merah, cabai rawit dan bermacam rempah lainnya.

(Instagram Weelovefood)
(Instagram Weelovefood)

Di Lombok, kita dapat menikmati kuliner khas ini di salah satu penghasil ayam rarang legendaris yang telah beroperasi setengah abad, Rumah Makan Rarang.

Harganya pun terjangkau lho, seporsi ayam rarang hanya dibanderol sebesar Rp 35 ribu.

Selain ayam rarang, deretan kuliner khas Lombok berikut juga menjadi teman santap yang wajib dicoba saat bertandang ke Pulau Seribu Masjid.

Ayam Taliwang Irama 

(Instagram Rannie Kitchen)
(Instagram Rannie Kitchen)

Mendengar kata kunci 'kuliner khas Lombok' tentu sulit mengindahkan pikiran dari maskot kuliner Pulau Seribu Masjid ini. Tentu saja, tak lain dan tak bukan, ayam taliwang nan melegenda.

Orisinalitas rasa dan bumbunya yang tajam membuat siapa pun yang pernah mencicipi ayam taliwang mudah merasakan sensasi ketagihan.

Di Lombok, kita dapat menyambangi warung penjaja ayam taliwang yang terkenal dengan cita rasanya nan membuai di kedai Ayam Taliwang Irama yang terletak Jalan Ade Irma Suryani no 10 Karang Taliwang, Cakranegara, Mataram.

Seporsi ayam taliwang dibanderol dengan harga berkisar Rp 45 ribu.

Sate bulayak

Berbahan dasar daging ayam, jeroan dan daging sapi, sate bulayak, kuliner khas Lombok, Nusa Tenggara Barat memiliki tampilan yang begitu khas. Disajikan bersama bulayak, lontong yang dililit bersama daun aren atau enau.

Memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang lontong pada umumnya, bulayak dililit daun secara spiral. Teksturnya yang begitu lembut dan gurih, sedap disantap bersama sate yang dibaluri bumbu kacang khusus.

Bumbu kacangnya nan khas diolah dari kacang tanah yang telah disangrai, lantas direbus bersama santan serta aneka bumbu macam ketumbar, bawang, jintan hingga cabai dengan cita rasa pedasnya nan menggigit.

(Instagram Permadi1993)
(Instagram Permadi1993)

Tak ayal, perpaduan bulayak nan lembut dan sate bumbu kacang nan pedas menghasilkan sajian kuliner bercita rasa istimewa.

(Instagram Sasmita Edo)
(Instagram Sasmita Edo)

Di Lombok Barat, salah satu gerai yang terkenal dengan sate bulayak nya nan melegenda dan termahsyur kelezatannya, dapat ditemukan di warung Sate Bulayak Suranadi.

Bertempat di Narmada, tak jauh dari Taman Suranadi, warung legendaris ini beroperasi sedari pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini