Pilih Gaya Hidup Sehat yang Tepat, Bisa Tahu Kebutuhan Tubuh Lewat Tes DNA

Tes DNA buktikan setiap orang punya problematika tubuh yang berbeda.

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
Pilih Gaya Hidup Sehat yang Tepat, Bisa Tahu Kebutuhan Tubuh Lewat Tes DNA
Ilustrasi tes DNA. (Shutterstock)

Suara.com - Pilih Gaya Hidup Sehat yang Tepat, Bisa Tahu Kebutuhan Tubuh Lewat Tes DNA.

Tidak ada satupun manusia di dunia yang memiliki profil genetik atau DNA yang sama. Karena itu juga, beberapa hal seperti pola diet, jenis olahraga hkngga sesederhana masalah kulit, akan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.

Menurut Lab Manager Genetik Indonesia, Dr Erlin Soedarmo, DNA merupakan molekul dalam sel yang menyimpan semua informasi atau kode dalam tubuh yang berasal dari kedua orangtua.

"Setiap individu terlahir unik karena DNA satu individu dengan individu lain berbeda. DNA merupakan informasi dasar yang membuat kode siapa kita," kata Erlin.

Erlin melanjutkan, saat ini tes DNA sudah mulai digunakan untuk mendapat rekomendasi gaya hidup yang sesuai dengan profil masing-masing orang.

Misalnya, DNA dianggap mampu menawarkan berbagai pemeriksaan mulai dari kulit, metabolisme, olahraga, nutrisi dan diet, hingga urusan asal muasal leluhur.

Untuk masalah kulit, kata Erlin, lewat DNA seseorang bisa melihat apakah dirinya berisiko memiliki selulit, kerutan dini, stretch marks, varises, jerawat, psoriasis, hingga bercak hitam pada wajah.

Atau urusan olahraga serta nutrisi dan diet, lewat DNA, seseorang akan diketahui jenis olahraga yang sesuai, risiko cidera, irama sirkadian, serta mengetahui jenis makanan apa yang berpengaruh besar terhadap berat badan.

"Jika sudah ketahuan dari pemeriksaan gen tersebut, maka kita dapat menerapkan gaya hidup sehat sesuai dengan kondisi genetika masing-masing," ujar Bussiness Development Genetik Indonesia, dr. Jessica Lepianda.

Di Indonesia sendiri, pemeriksaan DNA sudah bisa dilakukan secara konvensional bahkan berbasis internet melalui program DNAku.

DNAku merupakan layanan tes genetika berbasis internet pertama di Indonesia yang baru saja diluncurkan oleh PT Global Genetika Indonesia. Melalui tes DNA kini Anda bisa mendapat rekomendasi gaya hidup yang sesuai dengan profil atau kebutuhan tubuh Anda, karena setiap orang punya problematika tubuh berbeda.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini