Orang Indonesia Perlu Bekerja Selama 3,4 Jam untuk Beli Satu Tiket Bioskop

Apakah artinya harga tiket bioskop termasuk murah untuk orang Indonesia?

Suara.Com
Vania Rossa
Orang Indonesia Perlu Bekerja Selama 3,4 Jam untuk Beli Satu Tiket Bioskop
Ilustrasi bioskop. (Freepik)

Suara.com - Harga tiket bioskop cenderung berbeda di setiap kota di Indonesia, mulai dari kisaran harga Rp 35.000 hingga Rp 75.000 untuk film yang ditayangkan di akhir pekan dan hari libur lainnya.

Murah atau mahalnya harga tiket bioskop sifatnya relatif, tergantung pada upah minimum di masing-masing provinsi di Indonesia. Sebuah studi yang dilakukan CupoNation, portal diskon online di Indonesia yang beroperasi di 20 negara, rata-rata orang Indonesia harus bekerja selama 2,4 jam untuk membeli satu tiket bioskop yang tayang di hari Senin sampai Kamis, 2,8 jam untuk film bioskop yang tayang di hari Jumat, dan 3,4 jam di akhir pekan atau tanggal merah.

Jakarta sebagai ibu kota, bukan merupakan kota yang menjual harga tiket bioskop termurah. Tapi, diukur dari UMP di setiap kota di Indonesia, maka Jakarta adalah kota dengan harga tiket yang paling terjangkau. Warga Jakarta sudah mampu membeli satu tiket bioskop yang tayang di akhir pekan atau tanggal merah dengan hanya bekerja selama 1,6 jam.

Kota di Indonesia dengan waktu kerja tersingkat untuk membeli tiket bioskop. (CupoNation)
Kota di Indonesia dengan waktu kerja tersingkat untuk membeli tiket bioskop. (CupoNation)

Sedangkan kota kedua dengan waktu kerja tersingkat adalah Palembang dan Balikpapan, di mana warganya hanya perlu bekerja selama 2 jam untuk dapat membeli sebuah tiket bioskop yang tayang di akhir pekan dan tanggal merah.

Untuk kota yang membutuhkan waktu kerja terpanjang untuk membeli tiket nonton bioskop dengan jadwal tayang di akhir pekan dan tanggal merah, posisinya dipegang oleh Semarang. Warga Semarang perlu bekerja selama 5,5 jam untuk dapat membeli satu tiket nonton di akhir p ekan atau tanggal merah.

Kota di Indonesia dengan waktu kerja terpanjang untuk membeli tiket bioskop. (CupoNation)
Kota di Indonesia dengan waktu kerja terpanjang untuk membeli tiket bioskop. (CupoNation)

Kota selanjutnya adalah Tasikmalaya dengan waktu kerja yang dibutuhkan 5,3 jam, serta Banjarmasin dengan 4,5 jam waktu kerja.

Riset ini sendiri dikembangkan dengan menganalisis harga tiket bioskop untuk film terbaru (2D) yang ditayangkan serentak di 191 studio (46 kota) di Indonesia. Data tiket dikumpulkan melalui website resmi Cinema 21 pada 11 Juli 2019.

Kota dengan harga tiket bioskop termurah dan termahal di rangking berdasarkan HTM paling murah untuk setiap kota, dan kemudian membandingkannya dengan upah minimum di masing-masing kota.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini