Misteri Sarung Tangan Karl Lagerfeld, Ternyata Ini Fungsinya

Sang desainer selalu tampil dengan mengenakan sepasang sarung tangan kulit tanpa jari.

Suara.Com
Vania Rossa
Misteri Sarung Tangan Karl Lagerfeld, Ternyata Ini Fungsinya
Karl Lagerfeld (The Independent)

Suara.com - Bagi pecinta mode, Karl Lagerfeld adalah legendaris yang tak akan mudah dilupakan, baik hasil karya maupun sosoknya. Meski telah meninggal dunia Februari 2019 lalu di usia 85 tahun, sosok Karl Lagerfeld tetap lekat dengan gambaran lelaki berambut putih berkuncir, berpenampilan neci dengan kemeja, jas, dasi, dan kacamata hitam, serta sarung tangan kulit.

Sama seperti lambang Chanel yang ikonik, bisa dibilang gaya Karl Lagerfeld sudah menjadi ikon dirinya. Publik hampir tak pernah melihat sosok Karl Lagerfeld berpenampilan dengan selain yang disebutkan di atas. Bahkan, meski sedang berada di pantai dengan panas matahari yang terik, desainer bernama asli Karl Otto Lagerfeld ini tetap tampil necis dengan item fesyen andalannya.

Pertujukan fashion untuk mengenang mendiang Karl Lagerfeld. (Instagram/@chanelofficial)
Pertujukan fashion untuk mengenang mendiang Karl Lagerfeld. (Instagram/@chanelofficial)

Kemudian banyak yang bertanya-tanya, kenapa Karl Lagerfeld selalu mengenakan sarung tangan kulit? Apakah ini semacam aksesori seperti halnya kacamata hitam?

Dilansir dari The Independent, Karl Lagerfeld tampaknya hampir tak pernah absen memakai sarung tangan kulit, mulai dari warna hitam hingga merah, dan dihiasi stud hingga resleting.

Banyak yang berasumsi itu hanyalah bagian dari gaya berpakaiannya, tapi sesungguhnya ada alasan yang lebih 'dalam' di balik sarung tangan Karl Lagerfeld.

Dalam sebuah wawancara dengan M Magazine edisi perdana di tahun 2012, sang desainer berbicara dengan jujur tentang peronal style-nya, membahas segala sesuatu mulai dari keengganannya memakai sandal jepit hingga pandangannya tentang kaus kaki.

Dia juga mengungkapkan kesukaannya pada sarung tangan, mengungkapkan sejumlah alasan untuk selalu memakainya.

Karl Lagerfeld (Instagram/@karllagerfeld)
Karl Lagerfeld (Instagram/@karllagerfeld)

"Dalam protokol lama, tidak sopan untuk menyapa seseorang yang mengenakan sarung tangan," kata Lagerfeld.

"Tapi, (memakai sarung tangan) itu juga membuat lengan lebih panjang. Dan tahukah Anda apa artinya dalam bahasa Prancis memiliki lengan yang panjang?"

"Itu artinya kamu adalah orang yang berpengaruh."

Almarhum desainer rumah mode Chanel dan Fendi ini juga menjelaskan bahwa dia lebih suka sarung tangan tanpa jari untuk memudahkannya memegang pensil saat menggambar sketsa.

Karl Lagerfeld (Instagram/@courtneydanielsconsulting)
Karl Lagerfeld (Instagram/@courtneydanielsconsulting)

Tak hanya itu, Karl Lagerfeld juga mengungkap alasan lain dirinya selalu mengenakan sarung tangan, yaitu karena ia tidak suka dengan tangannya.

"Ketika saya berusia 14 tahun, saya ingin merokok karena saya ingin terlihat dewasa," katanya.

"Tapi ibuku berkata, 'Kamu seharusnya tidak merokok. Tanganmu tidak bagus, dan itu akan terlihat saat kamu merokok'."

Perancang asal Jerman itu juga mengakui dirinya menghindari mengenakan topi karena hal lain yang dikatakan ibunya.

“Saya suka topi, tetapi ketika saya masih kecil dan ingin memakai topi Tyrolean, ibu saya berkata kepada saya yang baru berusia 8 tahun, 'Kamu tidak boleh memakai topi. Kamu terlihat seperti lesbian tua'."

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini