Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Stres karena Masalah Uang

Jika uang menjadi masalahmu, coba cari solusi di bawah ini.

Suara.Com
Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi
Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Stres karena Masalah Uang
Ilustrasi stres karena uang. (Shutterstock)

Suara.com - Ternyata salah satu faktor penyebab stres adalah uang. Mungkin karena target finansial tidak tercapai atau masalah tagihan. Masalah uang ini tak melihat status apakah masih lajang atau sudah menikah.

Tentu kita tidak ingin menjadi stres karena masalah uang. Dilansir dari laman Purewow, di bawah ini ada beberapa tips mengatur keuangan agar lebih stabil dan menghindari stres. Penasaran?

1. Melonggarkan analitik

Banyak orang mengharapkan uang datang secara ajaib. Hal ini disebut sebagai kelumpuhan analisis dan berpotensi meningkatkan stres.

Uang adalah tentang kehidupan dan kamu tidak akan benar-benar mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan, seperti pengeluaran bisa menjadi matematika yang rumit.

Untuk mendekati anggaran yang lebih fleksibel, berusahalah untuk tetap on track antara pemasukan dan pengeluaran yang kamu lakukan.

(Shutterstock)
Ilustrasi uang. (Shutterstock)

2. Mengulang anggaran secara teratur

Pembicaraan berulang tentang pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan akan memberitahumu tentang sesuatu. Ini adalah tentang kejujuran tentang uang yang kamu gunakan dan meminimalisir stres karenanya.

3. Memikirkan masa depan

Sediakan waktu untuk memprediksi hal-hal yang akan terjadi. Banyak pengeluaran yang terasa tidak terduga sebenarnya mengikuti pola yang dapat diprediksi.

Ilustrasi bekerja.(Unsplash/Annie S)
Ilustrasi bekerja.(Unsplash/Annie S)

4. Meluangkan waktu untuk berbicara tentang uang dengan pasangan

Jika kamu sudah memiliki pasangan, luangkan waktu setiap hari, setidaknya 30 menit untuk berbicara tentang uang dengan pasangan. Walaupun ini bukan topik yang menyenangkan, namun pahamilah bahwa pembicaraan ini tidak akan berlangsung selamanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini