cancel

Jangan Bingung, Ini Penyebab dan Cara Atasi Kulit Kepala Berminyak

Kulit kepala berminyak dan bau bikin kita tidak percaya diri.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini
Jangan Bingung, Ini Penyebab dan Cara Atasi Kulit Kepala Berminyak
Ilustrasi kulit kepala berminyak dan bau. [shutterstock]

Suara.com - Kulit kepala berminyak dan bau sering kali mengganggu aktivitas dan membuat kepercayaan diri menurun. Dilansir dari Livestrong, ternyata ada banyak penyebab, kenapa kulit kepala bisa berminyak dan menimbulkan bau tak sedap.

Yuk, simak penjelasannya dalam tulisan di bawah ini.

Kulit kepala berminyak

Pada dasarnya, setiap orang akan mengeluarkan minyak alami di kulit kepala. Namun jika dibersihkan secara rutin, kadar minyak di kulit kepala bisa diatasi.

Menurut American Osteopathic College of Dermatology, minyak yang berlebihan dan jarang dibersihkan akan menimbulkan ketombe sehingga mengeluarkan bau asam yang khas.

Bakteri blues

Bakteri yang terdapat di kulit kepala juga bisa meyebabkan bau tak sedap, apalagi jika sudah terkontaminasi dengan keringat dan minyak.

Ilustrasi kulit kepala berminyak dan bau. [shutterstock]

Secara kesehatan, bakteri di kulit kepala ini memang tidak berbahaya. Hanya saja jika dibiarkan terlalu lama, kulit kepala jadi tak sehat dan berbau.

Perubahan hormon

Tahukah kalian? Perubahan kadar hormon, stres dan kondisi kulit buruk seperti seborrheic dermatitis juga dapat menyebabkan kulit kepala berminyak dan mengeluarkan bau tidak sedap, lho.

Lanjut ke halaman berikutnya chevron_left Sebelumnya Selanjutnya chevron_right

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini

Loading…
Berita Lainnya