Gel Aloe Vera Tak Cocok untuk Kulit Kering, Apa Dampaknya?

Gel aloe vera tidak disarankan untuk digunakan oleh pemilik kulit kering.

Suara.Com
Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Gel Aloe Vera Tak Cocok untuk Kulit Kering, Apa Dampaknya?
Gel aloe vera. (Shutterstock)

Suara.com - Belakangan penggunaan gel aloe vera tengah hits di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Bahkan saking hitsnya, tidak hanya brand luar dari Korea dan China, beberapa brand lokal juga membuat produk serupa.

Diklaim punya sederet manfaat, mulai dari melembapkan kulit, menenangkan kulit yang iritasi, hingga melawan jerawat, tapi apakah memang aman digunakan oleh semua jenis kulit?

Sayangnya, tidak! Menurut dr. Susie Rendra, SP.KK, spesialis kulit dan kelamin, menyebutkan produk gel aloe vera tidak bisa bekerja maksimal untuk pemilik kulit kering.

"Pertanyaannya sering kali karena bentuknya gel, dan ingat, bahwa untuk membentuk suatu gel sering kali ditambahkan alkohol. Jadi, ada berapa orang yang kulitnya kering, kalau diberikan gel aloe vera tidak akan memberikan efek," ujar dr. Susie ketika ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2019)

Dr. Susie mengatakan, pada dasarnya kandungan pada gel aloe vera sangatlah bermanfaat karena bisa melembabkan. Sayangnya proses pengolahan dalam bentuk gel inilah yang jadi masalah karena ada kandungan alkohol, dan membuat kurang berefek untuk kulit kering.

"Kecuali kalau aloe veranya bisa dibuat dalam bentuk krim, mungkin akan jauh berefek," imbuhnya.

Dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah, Puri Indah, ini juga menjelaskan produk gel aloe vera akan tetap aman digunakan untuk para remaja dengan kulit normal dan tanpa keluhan apapun. Karena pada dasarnya semua produk yang perjualbelikan secara bebas di pasaran aman digunakan untuk kulit normal.

"Tapi kalau kulitnya sudah terlalu kering kemudian pakai gel aloe vera, kadang tidak membantu karena bentuk gelnya itu. Tapi dari ingridient aloe veranya sendiri sebetulnya bagus, namun dalam base (dasar kulit) yang kurang oke sering kali hasilnya tidak maksimal," tutupnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini