Kulit Kepala Sering Gatal? Tak Melulu Ketombe, Mungkin Ini Penyebabnya

Di bawah ini juga ada cara bagaimana menghilangkan rasa gatal tersebut.

Suara.Com
Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi
Kulit Kepala Sering Gatal? Tak Melulu Ketombe, Mungkin Ini Penyebabnya
Ilustrasi kepala gatal. (Shutterstock)

Suara.com - Salah satu masalah kulit kepala dan rambut yang sangat mengganggu adalah ketombe. Keberdaannya membuat kulit kepala menjadi sangat gatal.

Namun, ternyata ketombe bukan satu-satunya penyebab kulit kepala terasa sangat gatal. Ada begitu banyak alasan lain yang membuat kulit kepala bisa gatal walaupun tidak ada ketombe.

Dilansir dari laman Style Craze, kulit kepala yang kering dan kurang hidrasi merupakan salah satu penyebab kulit gatal. Kondisi kulit kepala yang kering kadang bisa sampai terkelupas.

Tak jarang, kulit kepala yang terkelupas tersebut dikira ketombe. Jadi, bagaimana mengatasi kulit kepala yang gatal bukan karena ketombe?

Di bawah ini ada beberapa cara menghilangkan rasa gatal di kulit kepala. Penasaran bagaimana caranya?

Ilustrasi jerawat di kepala [shutterstock]
Ilustrasi kulit kepala [shutterstock]

1. Minyak kelapa

Penyebab kulit kepala gatal adalah kulit yang kering. Semakin kulit kering akan semakin gatal. Karena itu, kamu hanya membutuhkan moisturizer untuk membuat kulit kepala lebih lembap.

Caranya mudah. Kamu hanya perlu memijat kulit kepala menggunakan minyak tersebut selama beberapa menit. Lakukan hal ini sebelum tidur seminggu sekali.

2. Cuka apel

Cuka apel juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Pasalnya, cuka apel mengandung anti bakteri dan anti jamur yang berfungsi mengurangi bakteri serta jamur penyebab kulit kepala gatal.

Ilustrasi kulit kepala. (Shutterstock)
Ilustrasi kulit kepala. (Shutterstock)

Cara menggunakannya, campurkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam air secukupnya. Siram kulit kepala dan rambut dengan campuran air tersebut setelah keramas. Kemudian, jangan dibilas.

Itulah dua bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rasa gatal di kulit kepala bukan karena ketombe. Selamat mencoba!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini