Ini Lho Sepuluh Hal yang Membedakan Otak Laki-laki dan Perempuan

Penasaran sepuluh hal yang membedakan otak laki-laki dan perempuan.

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
Ini Lho Sepuluh Hal yang Membedakan Otak Laki-laki dan Perempuan
Ilustrasi otak lelaki dan otak perempuan. [Shutterstock]

Suara.com - Ini Lho Sepuluh Hal yang Membedakan Otak Laki-laki dan Perempuan.

Kaum Hawa dan Adam berbeda secara anatomi, emosional dan pembawaan. Tapi tahu kah Anda perbedaan antara laki-laki dan perempuan tak hanya sebatas itu?

Ditulis themindsjournal.com, otak laki-laki dan perempempuan juga dibangun dengan struktur yang berbeda sehinggga memiliki pola pikir logis, persepsi, analisis, emosi dan indera suara serta ruang secara berbeda pula.

Berikut adalah sepuluh hal yang membedakan kinerja otak laki-laki dan perempuan.

1. Multitasking

Seberapa sering Anda mendapati suami yang tengah menonton sepakbola, nampak tidak berkutik sampai-sampai tidak mendengar suara tangisan bayi atau suara bell?

Nah, itu merupakan bukti bahwa laki-laki tidak pandai mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu. Sementara kita tahu, ibu bisa lho membuat kue, ngobrol di telepon, sembari mengawasi anak balita yang tengah bermain dalam waktu yang sama.

Alasannya jelas, otak laki-laki tak mampu multitasking. Otak perempuan mampu memproses berkali-kali sementara laki-laki hanya sekali.

2. Pemecahan masalah

Perempuan bisa ngomongin banyak hal dengan teman-teman mereka. Dan alasannya adalah, otak perempuan tidka mampu mengklasifikasi atau memproses beberapa masalah. Laki-laki, dalam hal lain, dapat mengklasifilasi masalah dan menyelesaikannya satu persatu.

3. Pola komunikasi

Ini merupakan alasan mengapa laki-laki selalu kalah saat berdebat dengan perempuan!

Perempuan adalah komunikator ulung. Mereka dapat menawar seperti pro, sementara laki-laki hanya berdiri di sisi jalan sambil terkesima.

Dan alasan saintis akan hal tersebut adalah, bagian otak kiri laki-laki lebih berfungsi daripada yang kanan. Sementara otak perempuan baik kiri dan kanan, sama baiknya.

4. Kemampuan analisis

Otak laki-laki lebih besar daripada perempuan. Ukuran yang besar tersebut membuat laki-laki lebih mampu menganalisis masalah lebih baik. Laki-laki, dalam hal ini, memiliki kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan daripada perempuan.

5. Bonding dan hubungan

Perempuan adalah sosok penyayang dan pengasih. Kapan pun kamu sedih dan merasa depresi, pelukan perempuan adalah hal terbaik yang bisa kalian dapatkan di dunia.

Alasan ilmiah di balik hal tersebut adalah, otak perempuan memproduksi hormon serotonin dan oksitosin yang lebih banyak.

6. Bahasa

Saat berseteru, laki-laki kerap merasa bingung dengan kata-kata yang diucapkan oleh perempuan. Tau alasannya mengapa?

Otak perempuan, pusat verbal berada di dua sisi, sementara laki-laki hanya memiliki di satu sisi.

Hal tersebut membuat laki-laki lebih sedikit memgeluarkan kata kala menjelaskan sesuatu dibanding perempuan. Ini juga alasan mengapa perempuan lebih bawel daripada laki-laki!

7. Hal matematis

Ingat bagaimana laki-laki di sekolah lebih jago matematika? Nah, bisa dikatakan laki-laki memang lebih jago matematika dibanding perempuan.

Ini karena otak laki-laki bagian parietal yang bertugas menghitung memiliki ukuran yang lebih besar daripada perempuan.

8. Teritorial dan ambisi

Jujur saja, setiap ada lelaki macho memberikan senyum terlalu kepada Anda, Anda akan langsung meleleh dan pingsan kan?

Nah alasannya, inti premammillary dorsal otak laki-laki lebih besar. Hal tersebut membuat mereka lebih teritorial dan ambisius dari perempuan.

9. Sensitivitas emosi

Perempuan adalah gudangnya emosi. Perempuan tak hanya mampu mengatasi masalahnya tetapi juga masalah orang lain. Perempuan dapat menyeimbangkan logika dan perasaan dalam waktu yang sama.

10. Pendeteksi kebohongan

Ini alasan mengapa laki-laki sulit membohongi perempuan karena perempuan adalah pendeteksi kebohongan yang baik! Alasannya adalah, perempuan merupakan pembaca wajah yang baik. Otak perempuan mengamati ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan kata-kata yang keluar dari mulut.

Bagaimana menurut Anda? Benarkah cara kerja otak laki-laki dan perempuan seperti di atas?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini