Instagram Bikin Aturan Baru Soal Iklan Produk Diet

Demi memerangi tekanan mental pengguna media sosial.

Suara.Com
Rauhanda Riyantama | Yasinta Rahmawati
Instagram Bikin Aturan Baru Soal Iklan Produk Diet
Pola hidup sehat lewat diet di 2019. (Shutterstock)

Suara.com - Instagram telah memperkenalkan seperangkat aturan baru tentang promosi produk diet dan bedah kosmetik.

Dilansir dari Metro, aturan baru datang dalam dua bagian. Pertama, iklan yang berhubungan dengan diet dari deskripsi apa pun (apapun mulai dari teh detoks hingga prosedur kosmetik) hanya akan ditampilkan kepada pengguna di atas usia 18 tahun.

Kedua, produk apa pun yang punya klaim instan atau penurunan berat badan tertentu, dan terkait dengan penawaran komersial seperti kode diskon akan langsung dilarang.

Fyi, debat seputar iklan diet di Instagram telah berlangsung selama beberapa tahun.

Aktris Jameela Jamil sangat vokal soal hal tersebut. Ia sampai mendirikan akaun Instagram "I Weigh" untuk memperluas pandangan body positivity dan memerangi klaim palsu produsen produk diet.

Ia pun bekerja sama dengan Instagram dalam menyusun panduan baru ini. "Facebook dan Instagram mengambil sikap untuk melindungi kesehatan fisik dan mental orang-orang," kata Jameela.

Ilustrasi diet. (Shutterstock)
Ilustrasi diet. (Shutterstock)

Emma Collins, manajer kebijakan publik Instagram mengatakan ingin Instagram menjadi tempat yang positif bagi semua orang. Selain itu secara berkelanjutan mengurangi tekanan yang dirasakan akibat media sosial.

fyi, sebuah survei pada 2017 menunjukkan bahwa Instagram adalah aplikasi terburuk untuk kesehatan mental pengguna, dan itu juga dikaitkan dengan gangguan makan dan masalah citra tubuh.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini