Punya Hobi Unik, 5 Museum Ini Cocok Untuk Dijelajahi Lho!

Menyambut Hari Museum Indonesia, yuk jelajahi museum-museum unik sesuai hobi dan kegemaranmu!

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Punya Hobi Unik, 5 Museum Ini Cocok Untuk Dijelajahi Lho!
Museum Kesehatan di Surabaya. (Instagram/@spesialtelurdua)

Suara.com - Punya Hobi Unik, 5 Museum Cocok Ini Untuk Dijelajahi Lho!

Hari Museum Indonesia yang diperingati pada tanggal 12 Oktober setiap tahunnya, diharapkan bisa terus mendorong eksistensi museum di tengah masyarakat, khususnya generasi muda.

Untuk memeriahkan hari ini, pada 7-13 Oktober 2019, diselenggarakan sebuah kegiatan yang dinamakan Puncak Peringatan Hari Museum Indonesia 2019.

Acara yang akan digelar di Taman Fatahillah, kawasan Kota Tua, Jakarta ini, diinisiasi oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, serta didukung oleh berbagai museum di Indonesia.

Nah, dalam rangka Hari Museum Indonesia, Suara.com sudah merangkum beberapa museum yang tidak hanya menyimpan berbagai benda berbersejarah tapi juga memiliki koleksi-koleksi unik yang mungkin sesuai dengan hobimu lho. Apa saja? Simak daftar berikut ini.

1. Museum Layang-layang, Jakarta

Kamu tentu tahu dong permainan tradisional satu ini? Ya, layang-layang sebenarnya menyimpan keunikan tersendiri lho. Saat kamu mengunjungi museum layang-layang, kamu bisa membuktikannya. Karena di sini terdapat lebih dari 500 jenis layang-layang dari Nusantara maupun mancanegara denga berbagai jenis, bentuk, dan ukuran.

Mulai dari lang-lang machou dari Sumatera Barat, layang-layang pinisi dari Sulawesi Selatan, Doro keplok dari Jawa Tengah, hingga layang-layang terkecil dari China. Selain itu, mengunjungi museum yang berada di Jalan H. Kamang, Pondok Labu, Jakarta Selatan ini kamu juga akan tahu kalau layang-layang bukan hanya sekedar permainan tapi juga sering digunakan untuk berbagai acara yang sarat akan budaya.

Museum Layang-layang di Pondok Labu, Jakarta Selatan. (Dok. Instagram)
Museum Layang-layang di Pondok Labu, Jakarta Selatan. (Dok. Instagram)

Tak hanya bisa menikmati koleksi ratusan layang-layang dari berbagai daerah, kamu juga bisa membuat dan mendesain layang-layangmu sendiri di sini lho. Setelah itu, kamu bisa memainkan dan menerbangkannya di halaman museum yang cukup luas.

Tertarik mengunjunginya? Museum ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB dengan kisaran harga tiket mulai dari Rp 15 ribu.

2. Museum Angkut, Malang

Mau melihat beragam jenis angkutan tradisional hingga modern dari masa ke masa dari berbagai negara? Yuk kunjungi Museum Angkut di Kota Batu, Malang, Jawa Timur ini. Saat mengunjungi museum ini, kesan kuno dan membosankan tidak akan kamu rasakan.

Koleksi mobil-mobil klasik yang diboyong Museum Angkut ke arena IIMS 2015 di Kemayoran, Jakarta, Rabu (19/8) [Suara.com/Liberty Jemadu].
Koleksi mobil-mobil klasik museum angkut. [Suara.com/Liberty Jemadu].

Ini dikarenakan, Museum Angkut memadukan konsep atraksi hiburan serta sejarah dengan sangat menyenangkan. Ada lebih dari 300 koleksi alat transportasi yang bisa kamu lihat di sini, yang terbagi dari banyak zona dan tema. Mulai dari sepeda ontel, pedati, dokar, becak sampai kendaraan modern menggunakan tenaga listrik.

Selain bisa belajar sambil rekreasi, seluruh sudut museum ini juga cukup instagramble lho, sehingga cocok untuk latar belakangmu berfoto. Kalau tertarik mengunjungi Museum Angkut, siapkan kocek mulai dari Rp 70 ribu untuk tiket masuknya. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 12.00-20.00 WIB.

Mau tahu museum-museum unik sesuai hobi lainnya? SImak halaman selanjutnya ya!

Selanjutnya chevron_right

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini