Same Day Delivery Jadi Layanan Logistik Favorit di Online Shop

Bagi pembeli, tak perlu lagi menunggu 2-3 hari untuk menerima paket. Sedangkan bagi penjual, barang lebih cepat sampai sama artinya perputaran uang menjadi lebih cepat.

Suara.Com
Vania Rossa
Same Day Delivery Jadi Layanan Logistik Favorit di Online Shop
Ilustrasi layanan same day delivery. (Shutterstock)

Suara.com - Bagi para pengusaha toko online, keberadaan perusahaan jasa logistik menjadi hal yang sangat krusial untuk melancarkan transaksi jual beli. Dan salah satu yang jadi pertimbangan ketika memilih jasa logistik adalah kecepatan dan ketepatan pengiriman.

Hal ini mendorong startup logistik, Paxel, menawarkan satu layanan andalan yang pastinya sangat disukai oleh para pembelanja online, yaitu same day delivery antarkota antarprovinsi dengan ongkos kirim flat.

Bukan tanpa alasan jika Paxel sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi pertama asal Indonesia memberi layanan ini. Dalam Paxel Buy & Send Insights, survei yang diadakan oleh Paxel bekerjasama dengan lembaga riset Provetics terhadap 535 UKM penjual online di Indonesia, ditunjukkan bahwa kecepatan pengiriman menjadi hal paling utama yang dipertimbangkan ketika memilih penyedia jasa logistik. Kecepatan pengiriman ini bahkan disebut lebih penting daripada ongkos kirim yang murah.

Hal ini dapat dipahami, mengingat pengiriman yang lebih cepat berarti perputaran uang akan lebih cepat sehingga bisnis dapat lebih cepat bertumbuh.

Hingga saat ini, layanan same day delivery merupakan produk jasa logistik tercepat yang ada di pasar. Menjadi favorit para penjual dan pembeli online, hasil survei Paxel Buy & Send Insights membuktikan bahwa 97% responden mengalami peningkatan volume shipment setelah menggunakan layanan same day delivery untuk bisnis online shop mereka.

Dari sisi pembeli, layanan same day delivery banyak dipilih ketika mereka membeli makanan atau snack. Hal ini mengingat kualitas makanan bisa memburuk atau rusak dengan cepat, sehingga dibutuhkan jasa layanan pengantaran yang cepat dan menjamin produk tiba dengan kualitas yang optimal.

Selain makanan, layanan same day delivery ini juga digunakan untuk pengiriman jenis barang lainnya, seperti pakaian (18%), kosmetik (14%), serta buku dan dokumen (8%).

Keunggulan lain layanan same day delivery ini bagi penjual adalah jasa penjemputan hingga ke tempat asal barang untuk shipment. Benar-benar menghemat waktu penjual, sehingga waktu yang dulunya digunakan untuk mendatangi gerai pengiriman barang, bisa digunakan untuk melakukan hal produktif lainnya.

Masih menurut Paxel Buy & Send Insights, saat ini, di antara seluruh penyedia jasa same day delivery di Indonesia, hanya Paxel dan layanan ojek online (Grab atau Gojek) yang memberikan jasa penjemputan untuk shipment. Namun, ketika diperbandingkan, mayoritas responden (75%) mengaku lebih menyukai Paxel karena jangkauan pengiriman yang jauh lebih luas (antarkota) dan jadwal penjemputan yang lebih reliabel.

Sampai dengan akhir September 2019, pengguna aplikasi Paxel sudah melebihi 518.000 user dengan jumlah paket same day delivery yang berhasil dikirimkan hampir satu juta paket. Paxel sendiri sudah menjangkau area Jabodetabek, Bandung, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, dan Bali.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini