Berusia 123 Tahun, Lelaki Ini Awet Muda Gara-gara Tak Kawin?

Seorang lelaki asal India membuat staf di bandara Abu Dhabi terkejut. Pasalnya, paspor lelaki tersebut menunjukkan bahwa ia dilahirkan pada tahun 1896.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Berusia 123 Tahun, Lelaki Ini Awet Muda Gara-gara Tak Kawin?
Swami Sivananda mengaku berusia 123 tahun, meski penampilannya sangat muda. (Dok. Oddity Central/Gulf News)

Suara.com - Berusia 123 Tahun, Lelaki Ini Awet Muda Gara-gara Tak Kawin?

Seorang lelaki asal India membuat staf di bandara Abu Dhabi terkejut. Pasalnya, paspor lelaki tersebut menunjukkan bahwa ia dilahirkan pada tahun 1896.

Bila dihitung pada 2019 sekarang, laki-laki bernama Swami Sivananda itu kini berusia 123 tahun, menjadikannya manusia tertua yang pernah hidup di dunia.

Dilansir Oddity Central, Paspor Swami menunjukkan ia berusia satu tahun lebih tua dari Jeanne Louise Calment dari Prancis, sosok yang memegang rekor Guinness untuk orang tertua dalam sejarah yaitu 122 tahun.

Swami Sivananda pun menuai kontroversi. Ia dianggap terlihat berpuluh-puluh tahun lebih muda dari usianya.

Swami lalu mengatakan bahwa dirinya awet muda dan tetap bugar berkat menjalani kehidupan sederhana dan seimbang, melakukan yoga, dan diet hemat bumbu.

"Saya menjalani kehidupan yang sederhana dan disiplin. Saya makan sangat sederhana, hanya makanan rebus tanpa minyak atau rempah-rempah, nasi dan daal rebus (rebusan lentil) dengan beberapa cabai hijau," kata Swami Sivananda.

"Saya menghindari minum susu atau buah-buahan karena saya pikir ini adalah makanan mewah. Di masa kecil saya, saya tidur berhari-hari dengan perut kosong," paparnya lagi.

Swami juga menjalani selibat atau memutuskan untuk tidak menikah, yang menurut dirinya, memiliki korelasi dengan usia panjang umurnya sekarang.

Swami sudah mencoba memasukkan namanya dalam Guinness Book of Records tiga tahun lalu, tetapi ia kesulitan membuktikan usianya kepada pihak penyelenggara.

Swami mengatakan dirinya lahir pada 8 Agustus 1896, di Behala, India. Ia juga mengatakan bahwa dirinya telah kehilangan kedua orangtuanya ketika ia masih berusia empat tahun.

Kerabatnya lalu menyerahkan Swami pada seorang guru, yang membawanya ke kota Nadadwip. Dia kemudian menetap di kota suci Varanasi, di mana dia menjadi swami dan mendapatkan pengikut.

Dia mengklaim bahwa pengikut yang sama inilah yang mendorongnya untuk keluar dan mencari pengakuan atas usianya, karena dia sendiri tidak menginginkan publisitas. Sedihnya, seperti banyak orang India yang berpuluh-puluh tahun lebih tua darinya, Swami Sivananda hanya dapat mengandalkan data dari kuil untuk membuktikan bahwa ia benar-benar berusia 123 tahun.

Orang tertua yang saat ini hidup dan diakui oleh Guinness Book of Records adalah Kane Tanaka, kakek tua dari Jepang berusia 116 tahun.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini