Jakarta Walking Tour, Jelajahi Jantung Ibu Kota dengan Jalan Kaki

Ingin rasakan sensasi wisata berbeda di Jakarta? Cobain deh serunya jalan-jalan dengan Jakarta Walking Tour.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Vessy Dwirika Frizona
Jakarta Walking Tour, Jelajahi Jantung Ibu Kota dengan Jalan Kaki
Jakarta Walking Tour, cara unik nikmati ibu kota Jakarta dengan jalan kaki. (Dok. Instagram)

Suara.com - Jakarta Walking Tour, Jelajahi Jantung Ibu Kota dengan Jalan Kaki

Sebagai ibu kota metropolitan, Jakarta hampir dipenuhi dengan gedung-gedung bertingkat. Meski megah, di sisi lain Jakarta juga menyimpan beragam hal yang menarik untuk dieksplorasi.

Untuk mengekplorasi ragam kekayaan kota Jakarta, Suku Dinas Periwisata dan Kebudayaan Kota Jakarta Pusat menawarkan suatu cara berwisata kota dengan menyelenggarakan Walking Tour.

Diselenggarakan mulai Jumat pagi, (11/10/2019), perjalanan dimulai dari kawasan Sarinah menuju All Seasons Thamrin yanh diikuti oleh Walikota Jakarta Pusat, Bayu Megantara dan Kasudin Pariwisata dan Budaya Jakarta Pusat, Sonti Pangaribuan.

"Walking Tour adalah tur atau wisata jalan kaki ke situs-situs budaya dan sejarah yang ada di kota Jakarta," ujar Sonti Pangaribuan, saat ditemui Suara.com di Hotel All Season Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Wisata jalan kaki ini mengajak peserta melewati enam rute, yaitu Skycraper (mulai dari gedung Sapta Pesona, Jakan Sabang, Jakarta Theatre, hingga All Season Hotel), rute City Center (mulai dari Museum Nasional dan berakhir di Jakaeta Cathedral, rute Pasar Baru (mulai dari stasiun Juanda hingga Museum Antara, rute Diversity (mulai dari Masjid Isgiqlal, Vihara Dharma Jaya, dan berakhir di Gereja PNIEL), rute Waltevreden (mulai dari Masjid Istiqlal dan berakhir di Monumen Pembebasan Irian Barat), dan berakhir di rute Menteng Prominent Residences (dimulai dari Taman Suropati hingga Masjid Cut Meutia).

Menurut Sonti Pangaribuan, walking tour merupakan cara berwisata yang biasa dilakukan di lingkungan perkotaan bersama dengan pemandu wisata atau pendamping. Di Jakarta sendiri wisata walking tour belum banyak dilakukan, selama ini hanya kalangan komunitas saja yang menggerakan wisata santai seperti ini.

Jakarta Walking Tour, cara unik nikmati ibu kota Jakarta dengan jalan kaki. (Dok. Instagram)
Jakarta Walking Tour, cara unik nikmati ibu kota Jakarta dengan jalan kaki. (Dok. Instagram)

"Kami melihat tipe wisata seperti walking tour merupakan peluang pemerintah untuk meningkatkan animo warga menikmati wisata Jakarta yang ada nilai edukatifnya. Maka kami mengambil peran sebagai kolaborator dan masyarakat sebagai kooperator," sambungnya.

Memanfaatkan trotoar-trotoar Jakarta yang lebar, tertata cukup baik, dan nyaman, wisatawan walking tour sangat menyenangkan untuk menikmati suasana kota Jakarta.

"Dengan jarak tempuh sekitar 2-3 kilo meter di setiap rutenya, wisatawan akan diajak mengunjungi 8-9 destinasi wisata budaya, seperti monumen, kawasan kuliner, taman kota, beberapa tempat ibadah, dan museum," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini