facebook
Scroll untuk membaca artikel

Dobrak Tradisi, Paus Dengar Pengakuan Dosa di Luar Ruangan

Para remaja duduk di kursi sambil mengakui dosa mereka kepada Sri Paus yang duduk di samping mereka.

Ruben Setiawan
Dobrak Tradisi, Paus Dengar Pengakuan Dosa di Luar Ruangan
Seorang remaja mengaku dosanya di hadapan Paus Fransiskus. (Reuters)

Suara.com - Ritual pengakuan dosa, oleh umat Katholik biasanya dilakukan secara pribadi, dalam pembicaraan empat mata bersama pastor di ruangan tertutup. Namun, ada yang berbeda di Lapangan St Peter, Vatikan, hari Sabtu (24/4/2016), karena Paus Fransiskus dan beberapa pastor membuka pengakuan dosa di ruangan terbuka dekat lokasi ikonik yang disebut Colonnade of Bernini.

Lansiran Dailymail, ada 16 remaja Katholik yang mengikuti ritual tersebut di lapangan tersebut. Para remaja duduk di kursi sambil mengakui dosa mereka kepada Sri Paus yang duduk di samping mereka.

Ini merupakan kejutan yang dilakukan sang Bapak Suci asal Argentina tersebut, bertepatan dengan hari muda-mudi Tahun Suci di Vatikan. Para remaja tampak santai dalam ritual tersebut. Sri Paus juga tampak ramah dan tak segan menjabat tangan para remaja dengan hangat. Paus Fransiskus menghabiskan waktu sekitar satu jam di tempat tersebut.

Ada dua tema yang diusung Sri Paus dalam Tahun Suci kali ini, yakni pengampunan dan rekonsiliasi.

Lebih dari 150 pastor berkumpul di lapangan tersebut untuk menerima remaja dan mendengarkan pengakuan dosa mereka dari pukul 11.30 pagi hingga pukul 12.45 siang. Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut diperkirakan bakal dihadiri sekitar 70.000 remaja dari Italia dan seluruh dunia.

Acara ini dimulai sejak Jumat (22/4/2016), dengan ziarah ke Pintu Suci Vatikan. Kemudian, pada Sabtu sore, para muda-mudi berkunjung ke Stadion Olympic Roma untuk mendengarkan pesan video dari Sri Paus. Pada hari terakhir, yakni pada Minggu, mereka kembali berkumpul di lapangan St Peter untuk mengkuti misa yang dimpimpin Bapak Suci. (Dailymail)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Terpopuler

Terkini

Berita Lainnya