Sandiaga Uno Mau Jadi Pembeli Pertama Mobil Esemka

"Saya pernah menyatakan bahwa kalau mobil Esemka itu keluar, saya adalah salah satu yang menjadi pembeli pertama," ujarnya.

Suara.Com
Reza Gunadha | Ria Rizki Nirmala Sari
Sandiaga Uno Mau Jadi Pembeli Pertama Mobil Esemka
Sejumlah mobil pickup terparkir di halaman pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (22/10). [ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho]

Suara.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno meminta seluruh pihak untuk tidak memolitisasi polemik mobil nasional Esemka, yang dulu digagas sang rival, Jokowi.

Malah, Sandiaga menegaskan akan menjadi pembeli pertama apabila produk buatan anak-anak bangsa itu keluar di pasaran.

Sandiaga mengatakan, seharusnya program pengadaan mobil produk dalam negeri seperti Esemka itu harus didukung. Hal itu lantaran produksi mobil Esemka merupakan bentuk keberpihakan pemerintah kepada industri lokal.

"Buat saya ini adalah bentuk keberpihakan, jadi jangan dipolitisasi urusan mobil nasional dan sebagainya. Ini suatu kebanggaan," kata Sandiaga dalam diskusi Rabu Biru di Prabowo-Sandiaga Media Center, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Rabu (7/11/2018).

Karena bangga melihat adanya keberpihakan pemerintah terhadap produksi lokal dengan menciptakan mobil nasional Esemka, Sandiaga mengaku akan membeli pertama apabila mobil Esemka sudah dipasarkan.

"Saya pernah menyatakan bahwa kalau mobil Esemka itu keluar, saya adalah salah satu yang menjadi pembeli pertama," ujarnya.

Namun, saat itu moderator sempat menyebut bahwa Calon Presiden Prabowo Subianto sudah menyatakan akan memesan mobil Esemka terlebih dahulu. Mendengar hal itu, Sandiaga mengalah.

"Boleh Pak Prabowo pembeli pertama, saya pembeli kedua, tak jadi masalah, yang penting saya dapat nomor urut 2," ucapnya mengundang tawa peserta diskusi.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini