Kamis, 13 Desember 2018

Dorong Santri Berwirausaha, Maruf Gagas Program Gus Iwan

Program Gus Iwan itu diyakini bisa menggerakkan roda perekonomian di Indonesia dan mengurangi angka kemiskinan.

Suara.Com
Agung Sandy Lesmana | Welly Hidayat
Cawapres Ma'ruf Amin menggelar pertemuan dengan santri pendukung di kediamannya. (Suara.com/Welly)
Cawapres Ma'ruf Amin menggelar pertemuan dengan santri pendukung di kediamannya. (Suara.com/Welly)

Suara.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin mengajak seluruh masyarakat terutama para santri untuk berwirausaha. Ma'ruf pun mengeluarkan sebuah program yang diberi nama Santri Bagus Pinter Ngaji Usahawan alias Gus Iwan.

"Kami mengajak mereka (santri) bersama-sama untuk membangun ekonomi kemakmuran, menghilangkan berbagai kemiskinan bukan hanya untuk kaum santri bukan hanya untuk orang Islam tapi untuk seluruh bangsa ini," kata Ma'ruf di kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (8/12/2018).

Menurutnya, santri harus dapat berwirausaha agar bisa memberikan kontribusi kepada negara. Program Gus Iwan itu diyakini bisa menggerakkan roda perekonomian di Indonesia dan mengurangi angka kemiskinan.

"Jangan sampai santri menjadi beban, tetapi justru memiliki kontribusi yang sangat signifikan di dalam membawa kemajuan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa," ungkap Maruf.

Dalam program tersebut, Ma'ruf akan kerjasama dengan kalangan profesional. Lebih lanjut, Ma'ruf juga menilai banyak hal yang bisa dimanfaatkan santri di pesantren.

Dia pun mencontohkan potensi usaha yang bisa digerak santri adalah kedai kopi dan di bidang pertanian dengan melibatkan para petani di daerah.

"Kemudian juga memberdayakan kecil misalnya buka kedai Kopi Abah dengan rakyat kecil. Itu juga sudah mulai dikembangkan. Industri kecil pertanian, pesantren kerja sama dengan petani misalnya menanam jagung dam memelihara sapi," tutup Maruf

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini