Senin, 17 Desember 2018

Gandeng Dukcapil, Polisi Usut Distribusi Kasus e-KTP Tercecer di Jalanan

Menurutnya, polisi akan menyelidiki dugaan kelalaian pengiriman sehingga e-KTP yang tersimpan karung itu tercecer ke jalanan.

Suara.Com
Agung Sandy Lesmana | Welly Hidayat
Karung berisi e-KTP ditemukan warga tercecer di kawasn Duren Sawit, (foto istimewa).
Karung berisi e-KTP ditemukan warga tercecer di kawasn Duren Sawit, (foto istimewa).

Suara.com - Aparat kepolisian akan berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Jakarta Timur guna menyelidiki kasus penemuan ribuan e-KTP yang tercecer di kawasan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (8/12/2018).

Kapolsek Duren Sawit Kompol Parlindungan Sutasuhut menyampaikan koordinasi itu dilakukan untuk mendalami soal proses pendistribusian e-KTP.  Menururtnya, polisi akan menyelidiki dugaan kelalaian pengiriman sehingga e-KTP yang tersimpan karung itu tercecer ke jalanan.

"Kami akan usut. Nanti reserse cari sumbernya. Dan koordinasi dengan Disdukcapil DKI, kalau wilayah ini siapa yang berwenang melakukan distribusi? Kenapa sampai tercecer," kata Parlindungan dihubungi, Sabtu (8/12/2018).

Parlindungan menduga e-KTP itu tercecer saat hendak dibawa pemenang tender proyek pembuatan e-KTP.

"Mungkin jatuh waktu akan diserahkan ke Disdukcapil," kata dia.

Penemuan e-KTP itu berawal dari anak-anak yang sedang bermain di sekitar Jalan Karya, Bakti VI, RTb3, RW 11, Pondok Kopi, Duren Sawit. Awalnya, karung yang berisi ribuan e-KTP itu ditemukan sekitar pukul 13.00 WIB siang. Bahkan, anak-anak yang pertama kali menemukannya sempat memaikan e-KTP karena berceceran di jalanan.

Terkait penemuan itu, polisi langsung menuju lokasi. Meski belum diketahui jumlah pasti, polisi telah menyita karung berisi e-KTP untuk kepentingan proses penyelidikan.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini