CEK FAKTA: Kuliah Umum Rhenald Kasali di IPB Berakhir Ricuh, Benarkah?

Rhenald Kasali disebut kena batunya saat kuliah umum di IPB hingga akhirnya ricuh

Suara.Com
Bangun Santoso
CEK FAKTA: Kuliah Umum Rhenald Kasali di IPB Berakhir Ricuh, Benarkah?
Rhenald Kasali usai kuliah umum di kampus IPB. (Foto: Istimewa)

Suara.com - Laman media sosial dihebohkan dengan kabar Guru Besar Manajemen Universitas Indonesia Rhenald Kasali dihentikan ceramahnya hingga berakhir ricuh saat memberikan kuliah umum di depan mahasiswa di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) pekan ini.

Kabar ceramah Rhenald Kasali yang berakhir ricuh diunggah di sebuah akun group Facebook bernama Suara Kita. Di akun itu diunggah sebuah video dari pemberitaan dari media tv nasional TV One berjudul 'Mahasiswa Protes Rhenald Kasali'.

Dalam unggahannya, akun tersebut menulis narasi:

"RHENALD KASALI KENA BATUNYA DI IPB, BERCERAMAH DI KAMPUS TAPI KAMPANYE 01 AKHIRNYA RICUH

Prof Rheinald Kasali dari UI memiliki kesempatan ceramah di depan BEM IPB, Namun ricuh karena ada slide yg memberi sudut pandang memihak pada 01"

Hanya dalam waktu 9 jam, unggahan tersebut sudah 4.142 kali dibagikan dan mendapat 305 komentar.

Fakta

Dari hasil penelusuran Suara.com, kabar tentang kuliah umum Rhenald Kasali di kampus IPB memang benar ada. Hal itu seperti diwartakan oleh TV One dalam akun Youtube tvoneNews dengan judul 'Mahasiswa Protes Rhenald Kasali'.

Dalam pemberitaan itu menyebut, kuliah umum Rhenald Kasali di Institut Pertanian Bogor diinterupsi oleh salah satu mahasiswa. Mahasiswa protes dengan paparan Rhenald yang dianggap berpihak dan tidak menjunjung tinggi azas netralitas. Namun tidak disebutkan apabila kuliah umum tersebut akhirnya ricuh.

Unggahan tentang ceramah Rhenald Kasali di kampus IPB yang dikabarkan berakhir ricuh. (Facebook)
Unggahan tentang ceramah Rhenald Kasali di kampus IPB yang dikabarkan berakhir ricuh. (Facebook)

Sementara dalam pernyataannya yang diterima Suara.com, Kamis (31/1/2019), Rhenald Kasali menyatakan, tidak ada pengusiran atau bahkan kericuhan sama sekali dalam kuliah umumnya di kampus IPB. Ia menyatakan, mahasiswa dan para aktivis IPB bertahan sampai kuliah umum selesai. Ia juga turut menyertakan dua foto dirinya berfoto bersama rektor dan para mahasiswa IPB usai kuliah umum selesai.

Rhenald juga mengirimkan klarifikasi pernyataan Rektor IPB, Dr Arif Satria.

"Setahu saya yang keluar hanya satu orang dan pak Rhenald meneruskan presentasinya tentang leadership hingga akhir. Saya minta maaf bukan masalah tidak selektif memilih pembicara tapi mohon maaf sekiranya inisiatif saya mengundang pak Rhenald, ada yang kurang berkenan di kalangan sebagian peserta. Tapi niat saya mengundang beliau adalah untuk menginspirasi mahasiswa karena buku-buku beliau yg sangat inspiratif," demikian pernyataan Arif Satria.

Kesimpulan

Kabar tentang ceramah Rhenald Kasali di kampus IPB yang dinterupsi benar adanya. Namun kuliah umum tetap berlangsung hingga akhir dan tidak dihentikan. Dan kabar ceramah itu akhirnya ricuh juga keliru. Bahwa narasi dalam unggahan video tentang ceramah Rhenald Kasali akhirnya ricuh tidak sesuai fakta yang sebenarnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini