Dekat sama Gubernur Irwandi, Model Steffy Umrah Bareng sampai Diajak Nikah

"Saya emang dekat dengan Pak Gubernur masuk ke masalah rencana pernikahan, saya sering cerita dengan Pak Saiful, antara saya ragu akan menikah atau tidak menikah," kata dia.

Suara.Com
Agung Sandy Lesmana
Dekat sama Gubernur Irwandi, Model Steffy Umrah Bareng sampai Diajak Nikah
Model Fenny Steffy Burase tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (19/10). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Suara.com - Model Fenny Steffy Burase mengaku pernah diajak umrah bersama Gubernur Aceh Irwandi Yusuf ke Makkah, Arab Saudi. Umrah bareng itu dilakukan sekaligus untuk membahas rencana pernikahan mereka berdua.

Pengakuan itu disampaikan Steffy saat bersaksi di persidangan kasus korupsi Dana Alokasi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018 dengan terdakwa Irwandi Yusuf di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Senin (4/2/2019).

Jaksa Penuntut Umum dari KPK awalnya mencecar Steffy mengenai adanya permintaan uang dari model cantik itu sebesar Rp 150 juta yang disampaikan melalui orang kepercayaan Irwandi, Teuku Saiful Bahri.

"Kalau yang Rp 150 juta, itu menyangkut ke masalah pribadi, memang tidak apa-apa," kata Steffy di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (4/1/2019).

Menjawab pertanyaan Jaksa, Steffy menyebut uang Rp 150 juta digunakan untuk keperluan selama umrah, seperti menginap di hotel. Pengiriman uang itu dialakukan dengan cara ditransfer ke beberapa rekening milik Steffy.

"Ya minta dipecah-pecahkan ke rekening saya. Karena waktu itu saya butuh uang banyak untuk bayar hotel dan segala macem, dan satu ATM tidak bisa menarik banyak," kata Steffy.

Meski begitu, Steffy mengaku bahwa transfer sejumlah uang tersebut juga sudah diberitahukan kepada Irwandi sebagai pinjaman. Namun, kata dia uang ratusan itu baru diketahui Irwandi setelah diperiksa penyidik KPK.

"Saya merasa saya sudah sampaikan, mungkin karena Pak Irwandi ada masalah pendengaran. Tapi waktu di KPK beliau tanya kenapa ada dana (itu Saiful untuk umrah)," tutup Steffy.

Selain itu, Steffy akhirnya mengungkapkan ihwal hubungannya dengan Irwandi yang rencananya dilanjutkan ke jenjang pernikahan. Namun, Steffy masih merasa ragu menjadi istri sah Irwandi. Lantaran masih ragu, kata dia, Irwandi memintanya untuk berdoa kala bersama-sama umrah di tanah suci.

Steffy juga mengaku sering curhat dengan Saiful terkait keraguannya untuk menikah dengan Irwandi Yusuf.

"Saya emang dekat dengan Pak Gubernur masuk ke masalah rencana pernikahan, saya sering cerita dengan Pak Saiful, antara saya ragu akan menikah atau tidak menikah," kata dia.

"Saat itu Pak Saiful memberikan pilihan kepada saya, lebih baik doa, umrah, dan saat itu saya bilang, saya sudah kehabisan dana, dana ceh marathon saja tidak ada yang cair, dari dana-dana talangan yang sudah keluar," sambungnya.

Dia juga mengklaim tak ada pembicaraan lain yang dibahas setelah dirinya meminjam uang ratusan juta untuk keperluan selama umrah bersama Irwandi.

"Waktu itu beliau (Saiful) bilang waktu mau berangkat, beliau (Irwandi) akan meminjamkan (uang). Tidak ada lagi pembahasan apa-apa (setelah itu). Jadi ketika suatu hari akan berangkat (umrah) dan saya mengatakan 'kata abang' sebagai kode bahwa saya akhirnya umrah bersama beliau (Irwandi)," ujar Steffy

Untuk diketahui, Irwandi Yusuf didakwa telah menerima uang suap senilai Rp 1,05 miliar yang dilakukan selama menjabat Gubenur Aceh. Selain itu, Irwandi juga dalam dakwaan menerima sejumlah gratifikasi sebesar Rp 8,7 miliar.

Irwandi didakwa melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Selanjutnya, Irwandi juga didakwa dalam kasus gratifikasi melanggar Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini