Ini Alasan Trump dan Kim Jong Un Bertemu di Vietnam

Dua kepala negara ini berencana akan melakukan pertemuan di Vietnam pada akhir bulan Febuari 2019.

Suara.Com
Vania Rossa | Dian Kusumo Hapsari
Ini Alasan Trump dan Kim Jong Un Bertemu di Vietnam
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengadakan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Capella Hotel, Sentosa Island, Singapura, Selasa (12/6).

Suara.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Korea Utara Kim Jong Un berencana akan melakukan pertemuan di Vietnam pada akhir bulan Febuari 2019.

Pertemuan Kim dan Trump akan dilaksanakan sekitar tanggal 27-28 Febuari 2019. Meski tanggalnya sudah tersebar di publik, namun belum diketahui pasti di kota Vietnam mana keduanya bakal bertemu.

Lalu, mengapa keduanya memilih Vietnam sebagai tempat pertemuan mereka? Dilansir melalui Channel News Asia, ada 4 alasan yang mendasari hal tersebut.

1. Vietnam cukup dekat dari Pyongyang, ibu kota Korea Utara. Sehingga Kim dapat menggunakan kereta api berlapis baja untuk perjalanannya nanti.

Selain itu, keamanan di Vietnam juga relatif ketat bahkan pada hari biasa sekalipun. Pemerintah bakal memperketat akses media dan kerumunan saat ada acara.

2. AS dan Korea Utara memiliki hubungan diplomatik dengan Vietnam sehingga keduanya punya kantor kedutaan di negara tersebut. Hubungan diplomatik Hanoi dan Pyongyang dibangun pada 1950. Korea Utara mengirimkan pasukan angkatan udaranya ke wilayah utara yang komunis selama Perang Vietnam.

3. Hanoi memiliki hubungan yang baik dengan kedua negara dan dianggap netral dalam menyikapi isu yang akan dibahas Kim dan Trump.

4. Berpengalaman dalam menyelenggarakan pertemuan level tinggi bukan hal baru bagi Vietnam. Sebelumnya, mereka pernah menjadi tuan rumah pertemuan Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) pada 2017.

Selain itu, Vietnam juga pernah menggelar pertemuan regional Forum Ekonomi Dunia pada 2018 lalu.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini