#YangGajiKamuSiapa, Bawaslu Belum Mau Periksa Menkominfo Rudiantara

"Saksi yang diperiksa baru pelapor. Kami juga sedang fokus pada barang bukti."

Suara.Com
Reza Gunadha | Walda Marison
#YangGajiKamuSiapa, Bawaslu Belum Mau Periksa Menkominfo Rudiantara
Menkominfo Rudiantara di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/2/2019). (Suara.com/Walda Marison)

Suara.com - Ketua Bawaslu Abhan menegaskan, tengah memproses laporan mengenai Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara melakukan kampanye mendukung salah satu peserta Pilpres 2019 dalam acara pemerintah, akibat pernyataan yang gaji kamu siapa.

Bawaslu, kata dia, sementara ini baru memeriksa satu saksi, yakni pelapor dugaan tersebut.

"Saksi yang diperiksa baru pelapor. Kami juga sedang fokus pada barang bukti. Soal memanggil Menteri Rudiantara untuk dimintakan klarifikasi sekalu terlapor, belum ada,” kata Abhan, Senin (11/2/2019).

Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu RI oleh Advokat Cinta Tanah Air atau ACTA, Jumat (1/2). Rudiantara dilaporkan atas dugaan tindakan pelanggaran pemilu terkait video viral # YangGajiKamuSiapa .

ACTA melaporkan Rudiantara dengan dugaan melanggar 3 pasal, yakni Pasal 282 jo Pasal 283 ayat (1) dan ayat (2) jo Pasal 547 UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dengan ancaman pidana penjara paling lama 3 tahun dan denda maksimal Rp 36 juta.

Anggota tim ACTA Nurhayati berharap, Bawaslu bisa menindaklajuti dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan Rudiantara terkait viral #YangGajiKamuSiapa. Ia juga berharap menteri di bawah pemerintahan Joko Widodo saat ini harus netral.

Untuk diketahui, Rudiantara sempat membuat heboh setelah video yang merekam dirinya sempat meminta PNS memilih satu di antara dua stiker sosialisasi Pemilu 2019.

Saat PNS itu memilih stiker nomor dua, Rudiantara malah bertanya ”Yang gaji ibu siapa sekarang?”

Dalam video berdurasi kurang dari satu menit itu memperlihatkan, Rudiantara meminta seorang ibu yang tidak diketahui namanya untuk memilih di antara dua stiker sosialisasi Pemilu 2019. Setelah sang Ibu memilih salah satu paslon, Menkominfo memberikan pertanyaan.

"Ibu kenapa memilih nomor ini," tanyanya.

Kemudian sang Ibu menjawab, ”Bismillahirrohmannirrohim, mungkin terkait keyakinan saja pak. Keyakinan atas visi dan misi yang disampaikan nomor dua.”

Setelah sang Ibu menjawab, dia turun panggung. "Baik, terima kasih," kata Menkominfo.

Tidak lama kemudian, Rudiantara kembali bertanya, "Bu.. Bu.. yang bayar gaji ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa? Bukan keyakinan Ibu? Ya sudah terima kasih.”

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini