Hiu Paus Berbobot 300 Kg Terdampar di Pelabuhanratu Sukabumi

Hiu paus itu sepanjang 2 meter.

Suara.Com
Pebriansyah Ariefana
Hiu Paus Berbobot 300 Kg Terdampar di Pelabuhanratu Sukabumi
Hiu paus ditemukan di Pelabuhanratu. (Sukabumiupdate)

Suara.com - Seekor ikan hiu paus terdampar di Palabuhanratu , Sukabumi , Jawa Barat. Hiu paus itu seberat 300 kg dan panjang sekira 2 meter.

Hiu paus itu ditemukan terdampar di pantai dekat Dermaga II Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Selasa (12/2/2019). Binatang dengan nama latin Rhincodon Typus itu pertama kali ditemukan salah seorang nelayan, Aep Saepuloh (45 tahun) saat hendak memperbaiki perahu sekitar pukul 08.00 WIB.

"Saya waktu itu mau membetulkan perahu dekat Dermaga II. Begitu saya datang, ikan itu sudah ada, terdampar dan terombang-ambing kena deburan ombak," kata Aep.

Aep saat itu juga langsung melaporkan penemuan hiu paus itu ke Satpol Air Polres Sukabumi untuk ditindaklanjuti.

"Tadi juga langsung petugas dari Pol Air cek lokasi memastikan hiu paus itu mati atau tidak. Ternyata memang sudah mati," Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Jaga Satpol Air Polres Sukabumi, Aipda Sutiadji mengatakan, setelah mendapat laporan dari nelayan, pihaknya bersama anggota Satpol Air lainnya langsung melakukan pengecekan ke lokasi.

"Hiu paus itu kan hewan dilindungi. Tadi itu ditemukan nelayan sekitar pukul 08.00 WIB sudah terdampar dalam keadaan sudah mati," Timpalnya.

Sutiadji memperkirakan, berat hiu paus tersebut sekitar 300 kilogram, dengan panjang lebih dari dua meter. Untuk penanganan selanjutnya, Sutiadji bersama nelayan sekitar mengembalikan hiu tersebut ke tengah laut.

"Ya tadi juga sudah dibawa lagi ke tengah laut, karena kalau di kubur di lokasi terdampar itu tidak memungkinkan. Tempatnya sempit, sementara ikan besar dan berat," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini