Jadi Wagub Jatim, Begini Perjalanan Karier Emil Dardak si Doktor Muda

Emil Dardak sang doktor ekonomi muda ini telah resmi menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Khofifah Indar Parawansa

Suara.Com
Pebriansyah Ariefana | Chyntia Sami Bhayangkara
Jadi Wagub Jatim, Begini Perjalanan Karier Emil Dardak si Doktor Muda
Emil Dardak (Suara.com/Umay)

Suara.com - Emil Elistianto Dardak atau yang lebih dikenal dengan Emil Dardak telah resmi menduduki kursi Wakil Gubernur Jawa Timur. Hari ini, Rabu (113/2/2019), Emil Dardak resmi dilantik bersama dengan pasangannya yang menjadi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Sebelum memutuskan maju ke Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018, anak dari Hermanto Dardak yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum 2010-2014 dan Sri Widayati sebagai dosen ini menduduki jabatan sebagai Bupati Trenggalek. Suami dari mantan artis Arumi Bachsin ini pun memutuskan menanggalkan jabatannya untuk mendampingi Khofifah.

Muda dan cerdas. Dua kata itu lebih tepat disematkan pada Emil Dardak. Berbagai prestasi dan pencapaian dalam hidup sukses ia raih hingga akhirnya ia bisa menduduki kursi Wagub DKI.

Bupati Trenggalek sekaligus Cawagub Jawa Timur yang diunggulkan pada Pilkada 2018, seusai pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/7/2018). [Suara.com/Dwi Bowo Rahardjo]
Bupati Trenggalek sekaligus Cawagub Jawa Timur yang diunggulkan pada Pilkada 2018, seusai pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/7/2018). [Suara.com/Dwi Bowo Rahardjo]

Doktor Ekonomi Muda Pegawai World Bank

Pria kelahiran 20 Mei 1984 ini sukses mendapat gelar diploma dari Melbourne Institute of Business and Technology, Australia diusia 17 tahun. Emil Dardak pun melanjutkan pendidikan dan menamatkan pendidikan S1 di Universitas New South Wales, Australia. Setelah lulus, Emil Dardak langsung melanjutkan pendidikan S2 disusul S3 di Ritsumeikan Asia pPacific University, Jepang.

Di usianya yang baru menginjak 22 tahun, Emil Dardak sudah menyelesaikan studi S3nya. Emil Dardak pun mendapatkan gelar sebagai doctor termuda dari Ritsumeikan Asia Pasific University tempatnya menuntut ilmu.

Setelah kembali ke Indonesia membawa gelar doctor, Emil bekerja menjadi World Bank Officer di Jakarta dan Media Analysis Consultant di Ogilvy. Karier Emil pun melangit saat ia dipercaya menjadi Chief Business Development and Communication-Executive Vice President di PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (Persero).

Pernah Jadi Musisi

Emil Dardak dikenal sebagai pria serba bisa. Tak hanya mahir di bidang akademik saja, Emil juga memiliki jiwa seni yang cukup tinggi. Sejak kecil, Emil sudah bermain keyboard.

Sebelum memutuskan berkecimpung di dunia politik, Emil menjadi seorang musisi. Ia sempat mengeluarkan album bertajuk ‘Sesaat Kau Hadir’. Emil Dardak mengarang sendiri 8 lagu yang ada di album itu.

Arumi Bachsin dan Emil Dardak. (Instagram)
Arumi Bachsin dan Emil Dardak. (Instagram)

Jadi Bupati Trenggalek Sebelum Dampingi Khofifah

Setelah puas menyalurkan bakat dan hobinya dalam dunia bermusik, Emil memutuskan untuk menggeluti dunia politik. Pada 2015, Emil Dardak maju dalam kontestasi Pilkada di Trenggalek, Jawa Timur. Emil yang berpasangan dengan Mohammad Nur Arifin ini diusung oleh 7 partai sekaligus, yakni PDIP, Demokrat, PAN, Gerindra, Golkar, Hanura dan PPP.

Emil Dardak Dardak pun resmi menjadi Bupati Trenggalek pada awal 2016 diusianya yang abru 32 tahun. Tidak lama menduduki jabatan sebagai bupati, tepatnya hanya dua tahun, Emil Dardak memutuskan untuk mengundurkan diri.

Emil Dardak Dardak memilih untuk maju ke Pilgub Jawa Timur mendampingi Khofifah Indar Parawansa. Alasan Emil Dardak telah bertekad bulat mendampingi Khofifah lantaran sosok Khofifah yang membuatnya kagum.

“Karena saya melihat Ibu Khofifah yang sudah saya kenal, visi dan misi beliau dalam pemberantasan kemiskinan,” kata Emil Dardak.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini