Tinjau Pameran Furnitur, Jokowi Targetkan Industri Mebel Tumbuh 2 Digit

Jokowi mengatakan ada peningkatan dari sisi desain saat meninjau pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2019.

Suara.Com
Dwi Bowo Raharjo | Ummi Hadyah Saleh
Tinjau Pameran Furnitur, Jokowi Targetkan Industri Mebel Tumbuh 2 Digit
Presiden Joko Widodo meninjau Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta. (Suara.com/Umay Saleh)

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap industri mebel seperti kayu, rotan, dan bambu bisa tumbuh menjadi dua digit di tahun 2019 dan tahun 2020. Pada tahun 2014, Jokowi mengatakan industri mebel hanya tumbuh empat persen.

"Kita harapkan ini industri mebel kayu rotan, besi, bambu ini kita harapkan bisa tumbuh dua digit. Karena tahun 2014 tumbuh hanya empat persen. Kita harapkan tahun ini, tahun depan bisa tumbuh dua digit," ujar Jokowi saat meninjau Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Saat meninjau pameran yang diikuti 500 peserta dari 127 negara, Jokowi mengaku mendapat keluhan dari para pengusaha terutama industri rotan. Keluhan tersebut diantaranya perihal suplai bahan baku rotan menyusul pasca gempa di Sulawesi Tengah.

"Nah itu pengaruh, pengaruhi suplai Rita ke industri industri rotan di Cirebon di Solo dan di tempat tempat lain," tutur Jokowi.

Menurut Jokowi, ada peningkatan dari sisi desain saat meninjau pameran tersebut.

"Saya melihat ada sebuah peningkatan terutama di sisi design meningkat dan tadi beberapa buyer juga menyampaikan ada peningkatan desain yang sangat baik, saya kira ini sebuah peningkatan yang harus kita apresiasi," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini