Pemprov DKI Disebut Akan Bantu Normalisasi Tiga Situ di Kota Depok

Langkah tersebut sekaligus antisipasi kemungkinan banjir di Jakarta sepanjang Tahun 2019.

Suara.Com
Chandra Iswinarno
Pemprov DKI Disebut Akan Bantu Normalisasi Tiga Situ di Kota Depok
Salah satu situ di Depok, Jawa Barat. [Suara.com/Supriyadi]

Suara.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta disebut akan membantu normalisasi tiga situ yang berada di Kota Depok, Jawa Barat.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok Widyati Riyandani menyebut langkah tersebut sekaligus antisipasi kemungkinan banjir di Jakarta sepanjang Tahun 2019.

Ia menjelaskan tiga situ yang diajukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, meliputi Situ Rawa Besar, Bojongsari dan Situ Pladen.

"Tiga situ ini berdekatan dengan Jakarta, sehingga air bisa ditampung terlebih dahulu di situ-situ yang ada di Depok," kata Widyati kepada Suara.com, Kamis (14/3/2019).

Widyati menjelaskan nantinya tidak hanya normalisasi terhadap situ tersebut, tetapi juga penataan dan perbaikan di area tiga situ yang akan dilaksanakan tahun ini. Meski begitu, untuk teknis pelaksanaannya akan dilakukan DPUPR Depok.

Sementara itu, Walikota Depok Muhammad Idris mengatakan untuk rancangan Detail Engineering Design (DED) sudah ada.

Namun karena dana tidak mencukupi, Pemkot Depok berinisiatif meminta bantuan Pemda DKI Jakarta pada masa sebelum Gubernur Anies Baswedan, namun tidak terealisasi.

"Alhamdulillah, beberapa waktu lalu pengajuan dana bantuan untuk penataan kawasan resapan air, khususnya ketiga situ, disetujui Pak Anies Bawesdan Gubernur KDKI Jakarta," ujarnya.

Kontributor : Supriyadi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini