Perkembangan Terbaru Penembakan Masjid di Selandia Baru, 9 Orang Tewas

Penembakan terjadi di dua masjid di saat jemaah tengah menunaikan salat Jumat

Suara.Com
Bangun Santoso
Perkembangan Terbaru Penembakan Masjid di Selandia Baru, 9 Orang Tewas
Petugas mengevakuasi salah satu korban penembakan masjid di Selandia Baru, Jumat (15/3/2019). (Foto: AP / NZ Herald)

Suara.com - Sembilan orang dilaporkan tewas tertembak di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat. Penembak melepaskan tembakan ke arah masjid selama salat Jumat.

Radio New Zealand yang dilansir kantor berita Anadolu, Jumat (15/3/2019) menyebutkan, serangan itu terjadi di sebuah masjid dekat Hagley Park dan sebuah masjid di Linwood Avenue. Keduanya terletak di Kota Christchurch.

Komisioner Polisi Selandia Baru Mike Bush mengkonfirmasi bahwa serangan itu terjadi di dua lokasi.

"Kami sedang menangani serangkaian peristiwa yang sangat serius dan tragis. Insiden ini melibatkan penembak aktif dan menyebabkan banyak korban jiwa,” jelas dia.

Menurut Bush, pihaknya sudah menahan satu tersangka, tetapi belum bisa mengkonfirmasi apakah ada orang lain yang terlibat.

“Ini adalah dan akan menjadi salah satu hari terburuk bagi Selandia Baru,” kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern selama konferensi pers.

Warga telah diimbau untuk tidak keluar rumah dan melaporkan pada petugas keamanan jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.

Belum ada penembakan massal di Selandia Baru sejak 1990, ketika sebuah insiden menewaskan 13 orang, termasuk dua anak berusia 6 tahun, di Kota Aramoana.

Sebelum ini, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri mengecam aksi penembakan tersebut. Kemenlu juga menyebut, 3 orang Warga Negara Indonesia atau WNI selamat dari insiden berdarah itu.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini